Sukses

Harga Daihatsu Sirion R dengan Honda Brio RS Urbanite Beda Tipis, Pilih yang Mana?

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Sirion terbaru beberapa waktu lalu. Hatchback yang satu ini mendapatkan penyegaran dari berbagai sisi, namun belum berstatus all new.

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Sirion terbaru beberapa waktu lalu. Hatchback yang satu ini mendapatkan penyegaran dari berbagai sisi, namun belum berstatus all new.

Selain mendapatkan beragam improvement, Sirion terbaru juga menyesuaikan harga jual. Tercatat tipe X CVT dibanderol Rp 227,6 juta, sedangkakan varian termahal R CVT dijual Rp 236,8 juta.

Harga tipe termahal R CVT sekitar Rp 900 ribu lebih mahal dibandingkan Honda Brio RS Urbanite. Dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh, mana di antara keduanya yang lebih baik?

Eksterior

Secara tampilan, kedua city car ini mengusung styling yang sporti. Daihatsu Sirion R tampil lebih agresif dengan penggunaan bodykit khusus, lampu depan baru yang lebih tajam, serta grille baru untuk melengkapi tampilannya.

Di sisi lain Honda Brio RS Urbanite juga mempunyai desain yang tidak kalah sporti. Setelah mendapatkan minor improvement beberapa waktu lalu, Honda membuat tampilan Brio RS Urbanite lebih stylish.

Namun dari segi kelengkapan fitur, Daihatsu Sirion lebih lengkap. Daihatsu menyematkan mobil ini dengan lampu depan dan belakang LED, keyless entry, antena sirip hiu dan pelek yang sudah two tone.

Sementara Honda Brio RS Urbanite belum mempunyai paket fitur seperti Sirion, bahkan lampu depan mobil ini masih menggunakan bohlam halogen. Setidaknya bodykit Brio Urbanite lebih ekstrem dengan adanya diffuser, sepasang lubang knalpot berbentuk segitiga, dan banyak aksen berwarna hitam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Interior

Beralih ke dalam. Interior kedua mobil ini tidak jauh berbeda dengan model-model sebelumya. Daihatsu Sirion terbaru masih mengandalkan desain sama seperti model yang diperkenalkan di tahun 2018 silam. Hanya saja tipe terbaru ini diberikan beragam fitur baru supaya lebih kekinian.

Honda Brio RS Urbanite pun mempunyai kasus yang sama. Meski mengusung model Urbanite yang lebih eksklusif, kabinnya sama seperti Brio RS biasa. Desain interior mobil ini tidak berubah sejak pengenalan awalnya di tahun 2018.

Berlanjut ke kumpulan fitur, di mana Daihatsu Sirion lagi-lagi lebih komplet dibanding Brio. Versi terbaru ini mendapatkan speedometer baru dengan MID berwarna, setir baru, AC digital dengan berbagai pengaturan, Ionizer, dan head unit baru dengan konektivitas ke handphone melalui Android Auto dan Apple CarPlay.

Sebaliknya Honda Brio RS Urabnite tidak memiliki perbedaan fitur dibanding Brio RS biasa. Artinya Brio RS belum mempunyai MID, tombol start stop, serta head unit dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Fitur-fitur ini sudah tersedia di Sirion tipe R.

3 dari 3 halaman

Keselamatan dan performa

Pada sektor keselamatan pun Sirion juga masih lebih lengkap. Hatchback buatan Daihatsu ini sudah dipasangkan ABS, EBD, Traction Control dan Vehicle Stability Control, empat buah airbags serta Hill Start Assist sebagai pelengkap.

Sebaliknya, Honda Brio RS Urbanite hanya disematkan kumpulan fitur keselamatan yang lebih sederhana, yakni ABS, EBD dan sepasang airbags di dasbor.

Performa kedua city car ini cukup sebanding. Daihatsu Sirion dibenamkan mesin 1.300cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 95 PS dan torsi 119.6 Nm. Sedangkan Honda Brio RS memboyong mesin 1.200cc naturally aspirated dengan output 90 PS dan torsi 110 Nm.

Kedua mobil ini menggunakan konfigurasi penggerak roda depan (FWD) dan bertransmisi Continuously Variable Transmission (CVT).

Untuk harga, New Daihatsu Sirion R dibanderol Rp 236,8 juta, lalu Honda Brio RS Urbanite dijual Rp 235,9 juta. Cuma selisih Rp 900 ribu, mana menurut Anda yang layak dipinang?

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.