Sukses

Modal Kuat Daihatsu Sirion Hadapi Kompetitornya di Segmen Hatchback

New Dahatsu Sirion resmi meluncur di Indonesia dengan pembaruan di berbagai sisi. Produk baru ini menjadi bukti Sirion masih eksis di segmen mobil perkotaan, meskipun tidak setenar kompetitornya.

Liputan6.com, Jakarta - New Daihatsu Sirion resmi meluncur di Indonesia dengan pembaruan di berbagai sisi. Produk baru ini menjadi bukti Sirion masih eksis di segmen mobil perkotaan, meskipun tidak setenar kompetitornya.

 

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), coba memberikan gambaran akan hal itu, terutama penilaian soal Sirion kalah pamor dibandingkan kompetitornya.

Jika melihat tren pasar dan bicara market, Sirion seperti dijelaskannya masuk ke dalam city car hatchback. Dulu, kata dia, jumlah pemain city car hatchback banyak. Namun, lambat laun tinggal beberapa brand saja yang bermain di segmen ini, termasuk Daihatsu.

"Kalau kita lihat dalam 2-3 tahun terakhir, pemjualan di segmen city car hatchback ini sekitar 1.200-1300 unit, rata-rata per bulannya sebesar itu. Kalau di pasar besar otomotif Indonesia, kita ambilah rata-rata 80.000 unit per bulan, berarti hanya 1,5% atau 1,75% saja. Jadi kecil sekali segmen ini," kata dia.

Pasar yang besar di Indonesia, seperti dijelaskannya, adalah Low MPV, LCGC, dan saat ini Light SUV atau Medium SUV sedang menjadi tren.

"Jadi kalau dikatakan tadi bahwa Sirion kalah pamor dan bagaimana caranya supaya Sirion meningkat lagi? Saya menjawabnya berdasarkan pendekatan marketing, pertama sisi product, pricing, dan promotion," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Pamor

Jika dari sisi produk, tujuan peluncuran Sirion facelift ini sendiri adalah salah satu strategi agar pamor Sirion dapat meningkat.

"Jika dibandingkan city car hatchback dari brand lain, fitur-fitur di Sirion yang sekarang jauh lebih banyak. Karena itu, kita berharap, dengan product improvement kali ini, dengan produk facelift kali ini, maka ini merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan pamornya lagi terhadap target market kita," ujarnya.

Ia lalu bicara harga. Dengan jumlah pemain hanya 3 atau 4 kendaraan di segmen city car, Sirion punya fitur berlimpah dan lebih banyak dari brand lain, tetapi dengan harga on the road yang sangat kompetitif.

"Ini merupakan salah satu pricing strategy yang saya rasa cocok sekali karena diargetkan untuk keluarga muda dan anak muda yang kita tahu dari income level-nya seperti itu," ujarnya.

Tidak pelak jurus khusus diterapkan dalam hal promosi. Pihaknya pun menyiapkan aktivitas periklanan yang sesuai dengan tren saat ini.

"Trennya dunia metaverse. Sirion ini akan kita bawa ke dunia metaverse. Kita juga akan melakukan aktivitas-aktivitas pameran di kota-kota besar. Pamerannya kapan? Di Jakarta dimulai hari ini, dan mulai Juni dan Juli di kota-kota besar lainnya," kata dia.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.