Motor Baru Kawasaki Meluncur 9 Juni 2022, Intip Bocorannya

Oleh Liputan6.com pada 01 Jun 2022, 14:06 WIB
Diperbarui 01 Jun 2022, 14:06 WIB
Motor Baru Kawasaki Meluncur 9 Juni 2022
Perbesar
Motor Baru Kawasaki Meluncur 9 Juni 2022 (ist)

Liputan6.com, Jakarta - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akan meluncurkan motor baru pada 9 Juni 2022 saat Pekan Raya Jakarta (PRJ) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Saat dihubungi Head Sales & Promotion PT KMI, Michael C. Tanadhi sayangnya belum mau buka suara terkait produk apa yang akan dilepas ke publik nanti. Namun kisi-kisinya produk anyar ini adalah salah satu backbone penjualan KMI dan sudah berstatus CKD (Completely Knock Down) alias dirakit lokal.

 "Bisa dibilang nanti produk barunya bukan di segmen niche tapi produk volume. Namun perlu dicatat ya, ini untuk Kawasaki, kita anggap ini bukan produk niche. Unitnya sudah dirakit di Indonesia, sabar saja nanti di tanggal 9," kata Michael, lewat sambungan telepon, Selasa (31/5). 

Pun saat kami coba mengulik apakah produk baru Kawasaki Indonesia nanti bermesin di atas 250 cc atau di bawah 250 cc, lagi-lagi Michael masih menutup keran informasinya. Dirinya hanya memastikan jika produk ini lebih mudah dijangkau oleh konsumen dari segi harga.

"Jadi diluncurkan untuk market Indonesia dan buat pasar global juga. Saya belum bisa bicara secara eksplisit produknya," pungkas dia.

Yang pasti, lanjut Michael, produk baru yang bakal diluncurkan nanti bukan dari model matik. Hingga saat ini Kawasaki di market domestik masih fokus berniaga motor sport 150 cc hingga 1.000 cc lebih.

"Untuk matik belum ya, sampai detik ini tidak ada rencana (menjual). Sesuai DNA kita, kami masih fokus di motor sport," imbuhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Prediksi Model yang Bakal Meluncur

Bila menganalisa jawaban Michael soal kisi-kisi produk baru ini jadi salah satu tulang punggung penjualan di pasar Indonesia, kemungkinan pertama mengarah pada Kawasaki KLX150. Selain berkontribusi cukup besar, motor ini juga sudah lama tak mengalami ubahan besar, terakhir pabrikan mempersolek KLX150 di 2015 silam.

Apalagi secara peta persaingan, para kompetitor seperti Honda CRF150 dan Yamaha WR150R sudah kedapatan revisi meskipun terbilang ubahan minor. Rasanya Kawasaki yang lebih dulu bermain di segmen garuk tanah tak akan tinggal di mana pasarnya di rebut oleh para rival. Maka dari itu perlu melakukan inovasi pada KLX150 sehingga modelnya semakin bisa diterima oleh konsumen.

Yang kedua dan besar kemungkinan bakal dirilis adalah all new W175. Motor retro ini juga sudah lama tak mendapat pembaruan signifikan dari Kawasaki. Terakhir di 2019, perusahaan menawarkan varian TR (scrambler) namun nihil peningkatan dari segi performa maupun fitur.

Michael pernah bilang selain KLX 150 series, Kawasaki W175 juga didapuk sebagai model yang memiliki kontribusi penjualan cukup besar. Lantas menarik bila nantinya motor ini kedapatan ubahan pada mesin dan menggunakan sistem pengabut injeksi. Kita tunggu saja kejutan apa yang akan dihadirkan oleh KMI. (Kit/Tom)

Sumber: Oto.com

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya