Sukses

Biar Awet dan Kinclong, Begini Cara Merawat Helm yang Baik dan Benar

Helm menjadi perlengkapan yang sangat penting bagi pengguna sepeda motor

Liputan6.com, Jakarta - Helm menjadi perlengkapan yang sangat penting bagi pengguna sepeda motor. Pelindung kepala ini, akan membuat para pengendara lebih aman saat berkendara dan juga bisa meningkatkan penampilan atau gaya saat di jalanan.

Mengingat pentingnya helm bagi pemilik motor, Main Dealer Yamaha PT Lautan Teduh (Lampung) memberikan tips merawat perlengkapan berkendara tersebut dengan baik dan benar:

1) Jangan taruh helm sembarangan

Saat sedang diparkir, gunakan sarung helm agar terhindar dari panas atau matahari langsung. Hindari menaruh helm di spion, hal tersebut agar mengurangi potensi helm lecet karena terjatuh.

Anda bisa menyimpannya di tas helm, lalu membawanya bersama Anda atau menaruh helm dengan mengaitkannya di atas jok motor serta Anda dapat masukkan di bagasi motor agar helm selalu aman baik dari hujan ataupun orang yang hendak mencuri.

Buat yang tidak menggunakan helm dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya menyimpan helm dengan rapi. Kamu bisa menutupnya dengan kain atau dengan cara dibungkus. Hal ini dilakukan supaya tidak ada debu yang menempel atau bahkan dimasuki laba-laba hingga membuat sarang di sana.

2) Hindari menggunakan helm saat rambut basah

Sering diantara kita bepergian menggunakan helm setelah mandi dan berkeramas, terlebih saat pagi hari hendak bekerja atau saat sedang terburu - buru.

Anda harus mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Rambut yang basah akan membuat bagian dalam helm lebih cepat berbau dan apek.

Terlebih jika Anda menggunakan pomade atau minyak rambut, maka bagian dalam helm menjadi sangat lengket dan jika dibiarkan dalam waktu lama, bau helm menjadi tidak sedap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3) Cuci helm minimal 1 bulan sekali

Helm yang dipakai setiap hari rentan sekali memunculkan bau yang tak sedap. Oleh karena itu, rutin mencuci helm 1 bulan sekali. Namun, intensitas mencuci helm sekali dalam sebulan bukanlah pedoman yang wajib, tentu bisa disesuaikan dengan rutinitas pemakaian dan kondisi helm.

Jika Anda merasa bahwa dalam dua minggu helm sudah sangat bau dan perlu dicuci, maka segeralah mencucinya.

4) Perhatikan cara mencuci helm yang benar

Mencuci helm tentu tidak bisa sembarangan karena helm terdiri dari beberapa bagian dengan material yang berbeda-beda. Maka butuh perlakuan khusus pada tiap bagiannya jika Anda menginginkan helm Anda lebih awet.

Apabila tidak ingin ribet saat mencuci helm, laundry helm pun sekarang sudah banyak tersedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.