Sukses

Mengenal Lagi Teknologi ADAS di Wuling Almaz RS, Seberapa Canggih Sih?

Salah satu pabrikan yang serius menghadirkan fitur keselamatan canggih adalah Wuling Motor (Wuling) lewat sebuah teknologi yang dinamakan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Untuk saat ini, teknologi canggih tersebut baru tersedia pada Wuling Almaz RS

Liputan6.com, Jakarta - Para pabrikan otomotif terus berinovasi dalam menghadirkan fitur keselamatan dengan teknologi terkini. Tujuannya tentu untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna serta menekan angka kecelakaan sekaligus fatalitas yang bisa ditimbulkan. Salah satu pabrikan yang serius menghadirkan fitur keselamatan canggih adalah Wuling Motors (Wuling) lewat sebuah teknologi yang dinamakan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS).

Untuk saat ini, teknologi canggih tersebut baru tersedia pada Wuling Almaz RS. Lalu apa kelebihan fitur ADAS ini?

"ADAS merupakan sistem yang telah menggabungkan antara standar antarmuka terbaru dan teknologi ini telah menjalankan berbagai algoritma berbasis visi untuk mendukung multimedia yang sifatnya real time. Teknologi ini juga sudah melakukan pemrosesan cerdas dan sudah memiliki subsistem sensor yang canggih," demikian penjelasan Wuling melalui situs resminya.

Disebutkan, dalam mengimplementasikan kamera di kendaraan yang melibatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) baru, sudah menggunakan sebuah sensor yang bertugas untuk mengidentifikasi dan memproses suatu objek. Cara kerja sensor ini sangat mirip dengan informasi proses yang berjalan di otak manusia.

Sensor tersebut dapat membaca sejumlah data dengan bantuan perangkat lunak untuk mengenali gambar, radar, lidar dan sensor ultrasound. Secara fisik, teknologi ini mampu melakukan respon lebih cepat dibandingkan dengan respons yang dilakukan oleh pengemudi. Sensor itu juga dapat melakukan analisis video streaming secara real time dan bisa mengenali apapun yang ditampilkan dalam video serta bisa menentukan reaksi terhadapnya.

Meski kendali sepenuhnya ada pada si pengemudi, namun setidaknya teknologi ini dapat membantu meringankan beban tugas si pengemudi selama melakukan perjalanan baik melalui peringatan yang dikeluarkan ataupun kemampuan sistem dalam "mengendalikan" kendaraan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur Pada ADAS

ADAS sendiri terdiri dari 12 fitur yang terbagi dalam empat (4) kategori yang terdiri dari Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, dan Automatic Light. Untuk Adaptive Cruise terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA). Sementara kategori Lane Recognition meliputi Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Kemudian, Safe Distance & Braking Assistance yang merupakan kategori ketiga dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Sedangkan kategori terakhir yakni Automatic Light, diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Perlu diketahui, ADAS merupakan bagian dari Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang di dalamnya juga terdapat Internet of Vehicle (IoV). Untuk IoV sendiri dapat menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui aplikasi My Wuling+ dan head unit yang didukung dengan perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.