Sukses

Bayar Pajak Kendaraan Hanya 10 Menit? Ini Caranya Biar Bebas Antre!

Sekarang, kamu tidak perlu malas gerak lagi, soalnya kamu sudah bisa bayar pajak kendaraan di mana saja dan kapan saja, tanpa harus ke Samsat.

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu yang memiliki kendaraan roda dua atau roda empat, sudah sepatutnya sebagai warga negara yang baik untuk membayar pajak kendaraan setiap tahunnya. Tapi, terkadang kamu malas gerak untuk bayar di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) kan? 

Sekarang, kamu tidak perlu malas gerak lagi, soalnya kamu sudah bisa bayar pajak kendaraan di mana saja dan kapan saja, tanpa harus ke Samsat. Saat kamu sedang hustle culture dalam pekerjaan atau sedang healing berlibur dengan orang tersayang, kamu bisa lakukan pembayaran dengan cara yang satu ini.

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan lewat daring. Salah satu yang memberikan kemudahan adalah Tokopedia. Marketplace yang #SelaluAdaSelaluBisa ini menyediakan layanan bayar pajak kendaraan online.

Dengan layanan yang dihadirkan Tokopedia itu, kamu bisa bayar pajak motor online atau bayar pajak mobil online secara cepat, mudah, dan praktis. Tapi yang harus kamu notice, pembayaran pajak kendaraan secara online ini hanya wilayah Jawa Barat yang tersedia di Tokopedia.

Selain layanan pembayaran, kamu juga bisa menikmati kemudahan dalam mengecek tagihan pajak kendaraan melalui E-Samsat di Tokopedia. Kamu tidak perlu khawatir bakal telat bayar, soalnya dengan fitur ini, kamu akan mendapatkan pemberitahuan untuk membayar pajak kendaraan tepat waktu loh!

Dijamin aman juga, karena fitur ini adalah hasil kerja sama Tokopedia dengan layanan perpajakan di Indonesia sebagai langkah memudahkan masyarakat melakukan transaksi pembayaran pajak kendaraan.

Selain mudah dan praktis, metode pembayaran yang ditawarkan juga sangat beragam. Kamu dapat memilih untuk membayar pajak kendaraan via kartu kredit, debit ATM atau Bank, Internet Banking, pembayaran instan, Virtual Account, OVO, hingga di gerai minimarket langgananmu seperti Indomaret atau Alfamart terdekat.

Dengan melakukan transaksi E-Samsat di Tokopedia, kamu juga berkesempatan untuk mendapat berbagai promo dan cashback di waktu-waktu tertentu loh!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Pembayaran

Eits, tapi kamu harus dapatkan kode bayar terlebih dahulu ya biar bisa lakukan pembayaran di Tokopedia, dengan mengirim SMS ke 0811-211-9211 dengan format: esamsat [spasi] no.rangka [spasi] NIK/KTP atau dengan mengunduh Aplikasi Sambara di Play Store.

Setelah itu, baru kamu bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan di Tokopedia dengan mengikuti cara ini.

  1. Unduh aplikasi Tokopedia di Play Store atau App Store.
  2. Daftar atau login akun Tokopedia kamu.
  3. Pilih menu “Top-Up & Tagihan” Scroll ke bawah pilih “Layanan Pemerintah Klik “E-samsat” Isi wilayah, nomor polisi, nomor mesin, dan NIK.
  4. Masukkan kode bayar yang kamu dapatkan dari SMS / Aplikasi Aplikasi Sambara.
  5. Klik tombol Beli/Bayar, selanjutnya, akan muncul detail tagihan Samsat yang harus kamu bayar. Kemudian klik tombol Lanjut.
  6. Terakhir, pilih metode pembayaran melalui internet banking, kartu kredit, atau metode pembayaran instan seperti e-Pay BRI, Mandiri Clickpay, Klik BCA. Dan yang paling menarik, kamu bisa bayar tagihan Samsat melalui Tokopedia lewat Alfamart dan Indomaret.
  7. Tukarkan struk di email kamu untuk SKPD di layanan Samsat Daerah Jabar, Polsek Wilayah Jabar, dan semua cabang Bank BJB. Ingat! Maksimal 30 hari untuk tukarkan struk dengan SKPD ya

Kamu tidak perlu khawatir juga jika transaksi pembayaran pajak kendaraan di Tokopedia gagal. Karena jika kamu mengalami kendala tersebut, dana di saldo Tokopedia dapat kamu cairkan kembali ke rekening melalui saldo Tokopedia atau kamu dapat gunakan untuk membeli atau membayar aneka produk lainnya di Tokopedia.

Gimana? Aman, cepat, mudah, dan praktis bukan melakukan pembayaran pajak kendaraan di Tokopedia? Dengan cara ini, kamu bisa menyelesaikan kewajiban sebagai warga negara yang baik hanya dengan 10 menit saja! Yuk, #MulaiAjaDulu bayar pajak kendaraan di Tokopedia. Unduh aplikasi Tokopedia di Play Store atau App Store sekarang juga ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.