Sukses

5 Pertanda Switch Temperatur Mobil Mulai Bermasalah

Meskipun posisinya tidak terlihat, switch temperatur mobil merupakan komponen yang berperan mengoptimalkan kinerja mesin. Switch temperatur memiliki fungsi untuk meredam air pendingin supaya tidak menuju radiator. Kemudian menjaga temperatur agar masih dalam batas wajar.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun posisinya tidak terlihat, switch temperatur mobil merupakan komponen yang berperan mengoptimalkan kinerja mesin. Switch temperatur memiliki fungsi untuk meredam air pendingin supaya tidak menuju radiator. Kemudian menjaga temperatur agar masih dalam batas wajar.

Jika komponen ini rusak, biasanya akan mengeluarkan ciri-ciri yang dapat dirasakan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ciri-ciri switch temperatur mobil rusak.

Switch Temperatur Terlihat Terbuka Pada Suhu Ruangan

Ciri-ciri yang pertama ini sangat mudah untuk Otolovers ketahui. Hal ini dikarenakan, jika kondisinya bermasalah maka akan selalu tertutup dengan suhu temperatur ruangan. Jika temperatur berada di 30 derajat namun sudah terbuka, sudah dipastikan kondisi tersebut mengalami permasalahan. 

Saat Otolovers mengalami kondisi ini, tidak ada jalan lain selain menukar switch temperatur dengan yang baru.

Switch Temperatur Macet

Berbeda dengan di atas, ciri kedua adalah jika temperatur berada di angka 90 derajat namun masih saja belum terbuka itu menandakan bahwa switch temperatur mengalami macet. Ini mengakibatkan air radiator tidak dapat bekerja secara maksimal sehingga akan menyebabkan mesin tetap dalam kondisi panas. 

Performa Mesin Memerlukan Waktu yang Lama

Masih sama halnya dengan beberapa permasalahan di atas. Jika switch temperatur mengalami kerusakan dan secara terus menerus terbuka dapat mengakibatkan mesin bekerja secara lambat. Pada saat kalian mengalami kondisi ini, ada baiknya segera membawa mobil menuju bengkel terdekat. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahan Bakar Menjadi Boros

Beberapa orang mungkin belum memahami jika komponen yang satu ini rusak akan mengakibatkan bahan bakar menjadi boros. Ini dikarenakan kondisi temperatur mesin yang rendah sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak. 

Jika kalian terlalu lama membiarkan permasalahan ini maka akan dikhawatirkan mobil mengalami kerusakan yang cukup parah. 

Mesin Mengalami Overheat

Ciri terakhir adalah mesin menjadi mudah overheat. Kondisi ini ditandai dengan pada saat perjalanan mobil akan terasa seperti menggelitik, ac menjadi pans, dan performa mobil menurun. Sehingga solusi yang tepat adalah mengganti switch temperatur. 

Demikia, ciri-ciri switch temperatur mobil yang rusak. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.