Sukses

Akibat Iklan yang Menyesatkan, Ford Kena Denda Rp 277 Miliar

Ford Motor Company harus membayar denda senilai Rp 277 miliar akibat memberikan informasi yang menyesatkan dalam materi promosi yang mereka buat untuk merayu konsumen.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memikat para calon konsumen, biasanya para pabrikan otomotif mengeluarkan materi promosi yang menunjukkan keunggulan dari mobil yang ditawarkan. Tetapi, penggunaan materi promosi tersebut bisa menjadi bumerang apabila data yang dicetak tidak sesuai dengan hasil resminya.

Seperti yang dialami oleh Ford Motor Company, di mana mereka harus membayar denda senilai USD 19 juta atau setara dengan Rp 277 miliar ke negara bagian Amerika Serikat akibat klaim yang menyesatkan tentang penghematan bahan bakar dan kapasitas muatan yang dapat ditampung.

Pasca ditindak bersalah, Ford Motor Company, tidak melakukan perlawanan dan mereka setuju untuk membayar sejumlah uang tersebut.

Tidak hanya itu, Ford juga menahan diri dari membuat sebuah materi promosi yang menyesatkan di tengah penyelesaian masalah yang diajukan di Pengadilan Tinggi San Diego, California.

Melansir Autblog, dalam keterangannya, Jaksa Agung, mengatakan Ford telah terbukti menyesatkan konsumen tentang mobil hybrid C-Max lansiran 2013 - 2014 serta pikap truk Super Duty yang diproduksi 2011 sampai 2014,

"Perusahaan salah mengartikan seberapa jauh C-Max hybrid dapat melakukan perjalanan dengan tangki bensin, dan bahwa kendaraan tersebut memiliki ekonomi bahan bakar yang lebih baik daripada mobil hybrid lainnya," ungkap Jaksa Agung.

"Kami bekerja dengan negara bagian untuk menyelesaikan masalah mereka dan dalam prosesnya membatasi biaya investigasi tambahan dan biaya hukum untuk semua pihak," tulis pernyataan resmi Ford..

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penantang Toyota Fortuner dari India

Dikutip dari Carsales Australia, Mahindra Scorpio-N 2022 yang mengusung desain off road, telah dipersenjatai dengan segudang fitur mumpuni untuk menaklukan dua medan, on-road dan off-road.

Melalui keterangan resminya, Veejay Nakra, Presiden Divisi Otomotif Mahindra, menjelaskan kehadiran SUV modern nan tangguh ini diharapkan bisa menjadi salah satu trigger baru untuk membangkitkan kejayaan SUV khas India.

"All-new Scorpio-N diharapkan dapat menciptakan kembali tolak ukur di segmen SUV di India lagi. Dengan desain yang tidak dapat dilewatkan, kinerja yang mendebarkan, dan teknologi kelas atas, kami terus meneruskan warisan Mahindra dalam membangun SUV otentik, tangguh namun canggih," jelas Veejay.

Melalui kehadiran Mahindra Scorpio-N, mereka berharap ini menjadi sebuah komitmen baru untuk menandakan keseriusan mereka dalam memboyong SUV kelas dunia.

"Scorpio-N menandakan komitmen kami untuk membawa SUV kelas dunia ke pasar India dan menciptakan pengalaman kepemilikan yang menyenangkan bagi pelanggan kami," tambah Veejay.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19, Bantu Mereka yang Belum

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.