Sukses

Mengenal 3 Ciri Aki Mobil Mulai Soak, Lekas Ganti Sebelum Mogok

Salah satu hal yang menyebalkan untuk memulai hari ini adalah kendaraan tidak mau menyala akibat aki soak. Hal ini kerap terjadi jika jarang memperhatikan kondisi aki.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang menyebalkan untuk memulai hari ini adalah kendaraan tidak mau menyala akibat aki soak. Hal ini kerap terjadi jika jarang memperhatikan kondisi aki.

Namun, sebenarnya aki lemah dapat diketahui tanda-tandanya. Dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, berikut tanda aki mobil lemah.

Tanda Aki Lemah

Tanda-tanda aki lemah atau soak dapat kalian lihat dari beberapa hal yang ada di bawah ini, umumnya ini akan terlihat pada kendaraan Otolovers.

Tanda pertama adalah, mobil akan sulit distarter. Umumnya mobil hanya sekali atau dua kali starter sudah menyala, namun jika lebih dari dua kali masih tetap tidak menyala berarti ada kemungkinan aki kalian lemah. Segera cek kondisi aki agar tidak semakin parah. Jika perlu diganti maka segeralah untuk membawa ke bengkel terdekat. Nyala lampu yang redup juga menjadi salah satu tanda aki mobil lemah

Tanda terakhir yang dapat kalian ketahui adalah bunyi klakson yang tidak sekencang biasanya. Perlu diingat jika Otolovers jangan bersikap acuh pada permasalahan ini, karena jika dibiarkan terlalu lama maka akan mengakibatkan kerusakan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mengatasi Aki Lemah

Jika aki mobil Otolovers sudah lama tidak diganti hingga 10 bulan, berarti ada kemungkinan aki soak. Namun jika aki baru ganti tapi masih saja soak, ada kemungkinan komponen lain yang mengalami kerusakan. 

Perlu dilakukan pengecekan pada indikator, jika menyala merah berarti itu menandakan bahwa aki memang dalam kondisi lemah, sedangkan warna putih menandakan aki butuh charge, dan warna biru menunjukkan aki masih dalam kondisi prima.

Jika indikator telah berwarna merah, sebaiknya Otolovers cepat membawa mobil menuju bengkel dan mengganti aki. Hal tersebut dikarenakan agar kerusakan tidak menyebar ke komponen lainnya. 

Demikian, tanda aki mobil lemah yang dapat Otolovers ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.