Ada-Ada Saja, Pengguna Mobil Nekat Menahan Palang Pintu Kereta Api

Oleh Liputan6.com pada 23 Mei 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 06:00 WIB
Pengendara mobil tahan palang pintu (Instagram/@terangmedia)
Perbesar
Pengendara mobil tahan palang pintu (Instagram/@terangmedia)

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum kereta api akan melintas, palang pintu biasanya sudah diturunkan seiringan dengan suara peringatan. Pengguna jalan raya tentu harus berhenti dan menunggu kereta melintas. Namun, ada saja pengguna jalan yang tak sabar dan nekat menerobos.

Bahkan baru-baru ini seorang pengendara mobil nekat menahan palang pintu kereta api. Video yang memerlihatkan aksinya itu diunggah oleh akun Instagram @terangmedia pada Sabtu (21/5/2022). 

Takut Lecet

Dalam video yang diunggah terlihat ada pengendara mobil yang berhenti tepat di bawah palang pintu kereta api. Alhasil palang pintu tersebut mengenai atap mobilnya dan tanpa disangka si pengendara memilih menahannya menggunakan tangan.

Cukup lama ia menahan palang pintu tersebut sebelum kereta api melintas. Sementara itu, terlihat di depannya banyak pemotor yang antre menunggu kereta api.

Diduga aksinya ini dilakukan karena tak ingin atap mobilnya lecet. Diketahui juga kejadian ini terjadi di Kawasan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Hingga berita ini ditulis belum diketahui secara pasti kronologi kejadian dan maksud pengendara menahan palang pintu.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 200 kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang menduga jika di tempat tersebut tengah macet parah.

"Pasti posisi nanggung jalan macet terus palang turun," tulis yogiaryoko

"Hahaha drpd di taham gtu mending maju aja smp tengah rel," jelas dj.prichantoro

"Lah dripada Nahan begitu bisa pake jaket atau sesuatu gitu untuk nahannya," komentar akbarbadaruddin37

"Terlihat perhitungan waktu, jarak, dan kecepatan yang tidak hebat saudara2," jelas poetrikor

"Palang pintu kereta api nya ga punya adab, ada mobil orang kaya malah mau di bikin lecet..... Issshh... next time jangan gitu dong ah," tulis ipunk1810

Sumber: Otosia.com

Saksikan videonya di https://www.instagram.com/reel/Cd0Nu3bB1rt/ 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Mengemudi di Tanjakan dengan Mobil Manual, Tak Perlu Panik

Kondisi jalan yang menanjak, biasanya akan menjadi musuh bagi pengemudi pemula. Terlebih, kendaraan yang digunakan, adalah transmisi manual dan kondisi jalan yang macet.

Pengemudi harus menyeimbangkan kopling dan gas, agar mobil tetap bisa melaju di jalan yang menanjak. Berikut, beberapa tips menanjak bagi pengemudi mobil manual seperti dilansir laman resmi Auto2000, Minggu (22/5/2022):

1. Menggunakan Kopling dan Pedal Rem Secara Seimbang

Menyiasati keadaan berhenti ketika sedang menanjak dapat dilakukan dengan menginjak kopling dan pedal rem secara seimbang dan menyesuaikan manuver. Penggunaan keduanya akan membuat mobil berhenti serta tidak mundur dalam keadaan macet.

Perlu diperhatikan bahwa tips mengemudi yang satu ini hanya bisa dilakukan jika pedal kopling dan rem berdekatan. Hal ini penting karena kedua pedal perlu diinjak bersama-sama dengan kaki kiri. Kaki kanan bertugas untuk menginjak pedal gas saat akan menjalankan mobil.

Injak pedal gas hingga 2.000 rpm dan kurangi tenaga kaki kiri pelan-pelan sampai menjadi setengah. Jangan lepaskan pijakan kaki kiri pada keadaan macet di tanjakan, sehingga Anda bisa langsung berhenti ketika dibutuhkan. Sebelum melakukannya pastikan mobil Anda sudah berada di gigi 1.

Baca selengkapnya di sini.

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya