Sukses

Cara Mengemudi di Tanjakan dengan Mobil Manual, Tak Perlu Panik

Kondisi jalan yang menanjak, biasanya akan menjadi musuh bagi pengemudi pemula

Liputan6.com, Jakarta -  Kondisi jalan yang menanjak, biasanya akan menjadi musuh bagi pengemudi pemula. Terlebih, kendaraan yang digunakan, adalah transmisi manual dan kondisi jalan yang macet.

Pengemudi harus menyeimbangkan kopling dan gas, agar mobil tetap bisa melaju di jalan yang menanjak. Berikut, beberapa tips menanjak bagi pengemudi mobil manual seperti dilansir laman resmi Auto2000, Minggu (22/5/2022):

1. Menggunakan Kopling dan Pedal Rem Secara Seimbang

Menyiasati keadaan berhenti ketika sedang menanjak dapat dilakukan dengan menginjak kopling dan pedal rem secara seimbang dan menyesuaikan manuver. Penggunaan keduanya akan membuat mobil berhenti serta tidak mundur dalam keadaan macet.

Perlu diperhatikan bahwa tips mengemudi yang satu ini hanya bisa dilakukan jika pedal kopling dan rem berdekatan. Hal ini penting karena kedua pedal perlu diinjak bersama-sama dengan kaki kiri. Kaki kanan bertugas untuk menginjak pedal gas saat akan menjalankan mobil.

Injak pedal gas hingga 2.000 rpm dan kurangi tenaga kaki kiri pelan-pelan sampai menjadi setengah. Jangan lepaskan pijakan kaki kiri pada keadaan macet di tanjakan, sehingga Anda bisa langsung berhenti ketika dibutuhkan. Sebelum melakukannya pastikan mobil Anda sudah berada di gigi 1.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Memperhatikan Kemiringan Tanjakan

Penentuan penggunaan persneling ditentukan dari tingkat kemiringan tanjakan. Ketika level kemiringan sedang maka Anda bisa menggunakan gigi 2. Semakin curam kemiringannya maka semakin rendah juga gigi yang digunakan.

3. Gunakan Rem Tangan

Penggunaan rem tangan akan menjadi pengunci yang aman ketika Anda sedang berada dalam keadaan macet di jalanan menanjak. Anda perlu menginjak pedal kopling secara maksimal dengan kaki kiri. Dalam waktu yang bersamaan tarik juga tuas rem tangan. Anda tetap harus siaga dalam keadaan berhenti.

Jadi pastikan kaki kanan berada di posisi untuk menginjak pedal gas, kaki kiri tetap menginjak pedal kopling dan tangan kiri berada pada tuas rem tangan. Ketika akan berjalan, turunkan tuas rem tangan perlahan dan secara bersamaan injak pedal gas hingga 2.000 rpm.

Jangan lupa untuk mengurangi tenaga pada kaki kiri yang menginjak pedal kopling pelan-pelan.

4. Memberikan Jarak Aman untuk Kendaraan di Depan

Tips terakhir yang tidak boleh dilupakan ialah memberi jarak aman dengan kendaraan di depan. Jarak aman diperlukan guna mengatasi kecelakaan tidak terduga ketika kendaraan di depan mundur mendadak. Oleh karena itu akan sangat baik bila memberikan jarak yang pas.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.