Apes, Mobil Formula 1 Bersejarah Ini Hancur di Tangan Pembalap Ferrari

Oleh Fahmi Rizki pada 17 Mei 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 17 Mei 2022, 17:00 WIB
Mobil Formula 1 Ferrari bersejarah ini mengalami rusak parah saat dikendarai Charles Leclerc (Motor Authority)
Perbesar
Mobil Formula 1 Ferrari bersejarah ini mengalami rusak parah saat dikendarai Charles Leclerc (Motor Authority)

Liputan6.com, Jakarta - Charles Leclerc, pembalap Scuderia Ferrari, mengalami hari yang kurang menyenangkan lantaran menghancurkan mobil bersejarah Scuderia Ferrari.

Mobil Ferrari yang memiliki sejarah penting ini rusak parah di bagian belakang, kabarnya Charles Leclerc mengalami kegagalan saat pengereman sehingga mobil melintir dan bagian belakangnya menghantam trek pembatas.

Adapun mobil Formula 1 Ferrari ini adalah 312B3 yang dibuat pada 1973. Salah satu nilai histori yang begitu diagungkan adalah keberhasilan Niki Lauda yang sukses meraih 3 titel Juara Dunia Formula pada masa kejayaannya.

"Leclerc berada di lap ketiganya di Ferrari 312B3 1973, karena diduga gagal rem, ia kehilangan bagian belakang dan menabrakkan mobil F1 vintage ke dinding di belokan La Rascasse yang terkenal," tulis laporan Motor Authority.

Setelah mobil tersebut rusak parah di bagian belakang, namun Charles Leclerc kembali melanjutkan parade tersebut dan segera berhenti ketika mobil sejarah tersebut mengeluarkan asap.

Melalui akun Twitter pribadinya, Leclerc, turut mengonfirmasi bahwa saat ia mengemudikan mobil tersebut sistem pengeremannya tidak bekerja sebagaimana mestinya.

"Ketika Anda berpikir Anda telah mengalami semua nasib buruk di Monako dan Anda kehilangan rem menjadi bajingan dengan salah satu mobil Formula 1 Ferrari bersejarah yang paling ikonik," tulis Leclerc dalam sosial media pribadinya.

Bicara spesifikasinya, Ferrari 312B3 ini ditenagai dengan mesin Ferrari 001 berkubikasi 3.0 liter naturally aspirated dan dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gresisi Racing Tuai Hasil Positif di MotoGP Prancis 2022

Enea Bastianini keluar sebagai pemenang seri MotoGP Prancis 2022 yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, Minggu, (15/5/2022). Ini menjadi kemenangan ketiga bagi pembalap Gresini Racing MotoGP tersebut setelah MotoGP Qatar dan MotoGP Amerika.

"Saya senang dengan hasil balapan kali ini, karena mengawali pekan balapan ini sangat membingungkan bahkan sempat terjatuh beberapa kali. Tapi di balapan semua berjalan mulus, melihat semua pembalap sudah begitu dekat dan harus sabar berada di belakang," ujar Pembalap asal Italia tersebut.

"Begitu ada kesempatan, dimanfaatkan untuk menyalip. Akhirnya bisa memenangkan balapan ini, penghargaan buat tim yang telah bekerja keras mempersiapkan motor terbaik," tambah Enea Bastianini.

Hasil ini tentunya menambah pundi-pundi poin bagi Enea untuk bersaing memperebutkan gelar juara dunia MotoGP 2022. Pembalap bernomor 23 itu kini berada di posisi tiga dengan 94 poin, terpaut 8 poin dari pemuncak klasemen sementara, yakni Fabio Quartararo dengan 102 poin.

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya