Sukses

7 Tips Ampuh Mencegah Tikus Merusak Mobil Kesayangan

Tak ada pemilik mobil yang rela kendaraan kesayangannya disusupi oleh hewan seperti tikus. Hewan yang satu ini kerap berada di dalam mobil yang sangat susah dijangkau, seperti di balik area mesin.

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada pemilik mobil yang rela kendaraan kesayangannya disusupi oleh hewan seperti tikus. Hewan yang satu ini kerap berada di dalam mobil yang sangat susah dijangkau, seperti di balik area mesin.

Kejadian ini cukup membahayakan karena di area mesin terdapat banyak kabel penting. Jika tikus menggigit kabel tersebut maka akan terjadi konsleting yang membahayakan para penggunanya.

Hadirnya tikus ini ditandai dengan beberapa hal, salah satunya adalah muncul bau kurang sedap saat Otolovers membuka kap mesin. Namun, Otolovers tak perlu khawatir karena ulasan di bawah ini akan membahas mengenai cara mengusir tikus. Dilansir dari laman Auto2000, berikut cara mengusir tikus dalam mobil.

1. Menaruh Kapur Barus di Dalam Mobil Secara menyeluruh

Aroma wangi yang dihasilkan oleh kapur barus sangat dibenci oleh hewan pengerat ini. Oleh sebab itu, cara ini dirasa cukup ampuh dengan menghancurkan kapur barus sebelum menyebar luaskan di dalam area mobil. 

Jika Otolovers ingin mendapatkan hasil yang maksimal, perhatikan cara penyebarannya. Usahakan sudut-sudut mobil juga terjamah agar tikus benar-benar pergi dari mobil kalian.

2. Menyemprotkan Cairan Anti Tikus di dalam Ruang Mesin

Ketika Otolovers tidak tahan dengan bau kapur barus, sebaiknya cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan cairan anti tikus. Benda ini dapat kalian dapatkan di toko otomotif terdekat. 

Cairan yang satu ini sifatnya hanyalah sementara, jadi Otolovers disarankan agar menyemprotkan spray ini pada kain yang kemudian diletakkan pada area sudut mobil. Akan lebih manjur lagi jika meletakkan kain yang telah di semprot tersebut pada filter udara agar aromanya merata sehingga tikus akan pergi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menggunakan Alat Ultrasonik Pengusir Tikus

Jika tikus yang berada di mobil Otolovers sudah terlalu parah hingga menyebabkan perkabelan putus dan interior kotor, sebaiknya menggunakan bantuan alat ultrasonik. Alat ultrasonik ini mudah ditemukan, namun Otolovers harus hati-hati saat menggunakan agar tidak merusak interior ataupun area mobil lainnya.

Cara kerja alat ini adalah dengan memancarkan suara yang akan mengganggu tikus bila terdengar. Untuk menggunakannya, Otolovers cukup menghubungkan kabel positif pada baterai dan negatif ke masa. 

Sebelum menggunakan alat yang satu ini pastikan kondisi mobil dalam keadaan sehat, karena sumber tenaga alat ultrasonik adalah aki. 

4. Memasang lampu LED Low Voltage Dalam interior Mobil

Apabila Otolovers merasa alat ultrasonik boros energi akibat memakan daya aki selama semalaman. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah memasang lampu LED ultra low voltage. 

Daya yang dikeluarkan lampu ini tidak sampai 1 watt sehingga sangat cocok digunakan untuk mengusir tikus. Kalian cukup menaruh dan menyalakan lampu ini di area kap mobil yang terindikasi sering dimasuki oleh tikus.

5. Memanaskan Mesin Mobil Secara Rutin

Hewan pengerat yang satu ini sangat menyukai tempat lembab dan tenang. Sehingga jika kalian jarang untuk memanaskan mesin mobil, maka keadaan di sekitar kap akan mengalami kelembaban dan tikus pun akan berdatangan. Maka dari itu Otolovers harus rajin memanaskan mesin.

6. Membersihkan Mobil Agar Terjaga

Apabila mobil Otolovers sudah pernah dimasuki oleh tikus, sebaiknya cepat-cepat melakukan pembersihan agar kotoran dan bau tidak mengundang kembali tikus ke dalam mobil. Pastikan kalian rajin dalam membersihkan area dalam mobil hingga ke bagian sela-sela yang sulit dijangkau.

7. Memilih Lokasi Parkir (Jangan Dekat Selokan atau Semak-semak)

Langkah terakhir yang sekaligus menjadi cara utama dalam hal ini adalah Otolovers jangan memarkirkan kendaraan di dekat semak-semak atau selokan. Hal ini dikarenakan kedau lokasi tersebut merupakan habitat dari tikus. 

Demikian, cara ampuh mengusir tikus dari dalam mobil. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers dimanapun berada. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.