Sukses

Bisa Jadi Penyebab Mobil Susah Hidup, Ini Fungsi Brush Pada Motor Starter

Brush pada motor starter yang bermasalah bisa menjadi salah satu penyebab mesin mobil sulit dihidupkan. Lantaran terbuat dari material tembaga lunak dan karbon, membuat brush dapat aus sewaktu-waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Brush pada motor starter yang bermasalah bisa menjadi salah satu penyebab mesin mobil sulit dihidupkan. Lantaran terbuat dari material tembaga lunak dan karbon, membuat brush dapat aus sewaktu-waktu.

Hal ini wajar terjadi karena komponen satu ini akan bersinggungan dengan komutator yang berputar. Fungsinya pun cukup vital dalam motor starter. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah fungsi brush pada motor starter.

Brush ini memiliki fungsi sebagai penghantar dan meneruskan arus listrik yang berasal dari field coil menuju armature coil dan diteruskan ke komutator hingga ke masa.

Brush sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu brush positif dua buah dan brush negatif dua buah. 

Ketika Otolovers telah mengetahui fungsi dari brush ini, penting untuk mengetahui juga efek yang ditimbulkan jika brush mengalami aus.

Hal ini dikarenakan untuk mencegah kerusakan. Saat brush ini aus, maka persinggungannya dengan komutator menjadi kurang optimal. 

Kondisi tersebut mengakibatkan tahanan menjadi besar dan proses penghantaran menjadi kurang maksimal.

Arus yang kurang maksimal inilah menyebabkan kinerja momentum putar terganggu dan bisa saja mobil menjadi susah untuk dinyalakan. 

Demikian, fungsi brush pada motor starter yang dapat Otolovers ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Sampai Rusak, Kenali 4 Cara Merawat Tombol Starter Motor

Tombol starter motor atau electric starter memiliki fungsi yang cukup penting, dan memudahkan untuk menghidupkan mesin hanya dengan menekan tombol. Namun, lama penggunaan dari tombol starter biasanya dapat membuat electric starter rewel atau ngadat sehingga tidak dapat berjalan sesuai fungsinya.

Ketika tombol starter ditekan, mesin tidak mau menyala atau motor berbunyi tetapi mesin tidak hidup. Hal tersebut tentu sangat tidak mengenakkan. Apalagi jika kejadiannya saat motor mati di tempat yang cukup sepi dan kaki sedang dalam kondisi kurang baik.

Berikut, cara merawat tombol starter, seperti disitat dari laman Astra Motor:

1. Bersihkan Bagian-Bagian Starter Dengan Rutin

Membersihkan bagian-bagian motor secara rutin memiliki segudang manfaat yang dapat membantumu mengatasi berbagai masalah pada motormu. Termasuk juga masalah pada tombol starter, merawat electric starter agar selalu dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

Pemilik motor bisa membersihkan bagian tersebut dengan melepas soket yang biasanya berwarna merah yang mengarah pada tombol starter. Lalu bisa membersihkannya dengan menggunakan cairan penetran, yaitu dengan cara menyemprotkan cairan penetran pada konektor rangkaian motor starter.

Selain itu bersihkan juga tombol starter yang biasanya terdapat kerak yang menempel di sana karena lamanya pemakaian. Lakukan dengan buka terlebih dahulu dudukan tombol starter dengan menggunakan obeng plus, lalu gunakan amplas halus untuk menggosok bagian konektornya.

2. Cek Switch Tuas Rem

Bagi pengguna motor matik, perlu menarik tuas rem untuk dapat menggunakan electric starter. Hal ini disebabkan adanya switch atau saklar pada tuas rem.

Nah, jika mesin tidak mau menyala saat menggunakan electric starter cobalah untuk mengecek kondisi switch tersebut dengan cara menjumpernya dengan menggunakan kabel.

Setelah di jumper sembari menekan tombol starter tetapi motor tetap tidak berputar, maka bisa diindikasikan jika switch pada tuas rem tersebut sudah rusak. Maka mau tidak mau kamu harus menggantinya. Tapi tenang saja, harga switch ini tidak mahal karena dibanderol dengan harga sekitar 30 ribuan saja.

3. Sesekali Gunakan Kick Starter Untuk Menghidupkan Mesin

Memanfaatkan kick starter bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk merawat electric starter motormu. Hal ini bisa dilakukan di pagi hari saat akan memanasi mesin motor atau saat akan memakai motormu setelah lama tidak digunakan yang memerlukan sumber tenaga yang besar.

Memanfaatkan kick starter bertujuan untuk mengurangi intensitas penggunaan electric starter, yang mana electric starter agar dinamo starter tidak turun kualitasnya akibat terus dipacu untuk bekerja.

4. Service Motor dengan Rutin dan Tepat Waktu

Selain hal-hal di atas, tips merawat tombol starter yang terakhir yaitu dengan melakukan service secara rutin. Karena saat menservice motor maka mekanik motor akan memeriksa seluruh bagian motor termasuk pada kelistrikan.

Nah, bisa juga meminta mekanik motor untuk mengecek kondisi electric starter dan memperbaiki atau menggantinya jika memang terjadi masalah. Dengan begitu kamu tidak perlu deh mengalami kejadian menyebalkan karena harus menggenjot kick starter saat mesinmu mati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.