New Honda ZR-V Meluncur di Tiongkok, Ini yang Ditawarkan

Oleh Arief Aszhari pada 12 Mei 2022, 06:04 WIB
Diperbarui 12 Mei 2022, 06:04 WIB
Honda ZR-V (Paultan)
Perbesar
Honda ZR-V (Paultan)

Liputan6.com, Jakarta - Honda mengumumkan model SUV kompak baru untuk pasar Tiongkok dengan nama ZR-V. Kendaraan ini akan diproduksi oleh perusahaan patungan Guangqi Honda, sebagai perusahaan lokal di Negeri Tirai Bambu.

Dilansir Carscoops, Rabu (11/5/2022), dari gambar yang beredar, ZR-V akan melakukan debutnya pada 19 Mei 2022, yang pada dasarnya versi Cina dari Honda HR-V 2023 spesifikasi Amerika Serikat (AS). Selanjutnya, Honda mengkonfirmasi akan menggunakan nama ZR-V yang sama untuk model spesifikasi pasar Eropa yang akan datang pada 2023.

Desain eksterior ZR-V hampir identik dengan HR-V spesifikasi AS, dengan beberapa pengecualian di beberapa bagian. Bedanya, ZR-V yang foto-fotonya telah tersebar luas ini mengusung sejumlah ornamen dengan karakter lebih banyak tekukan.

Pun bila dibandingkan dengan All-New Honda HR-V seri Indonesia, perbedaan luarnya jelas sangat mencolok dan lumayan jauh dari kata mirip.

Bahasa desain Honda ZR-V membawa grille oktagonal dengan mata sipit dan DRL berbentuk huruf 'L'. Sedangkan body moulding dan apron bawah membawa karakter huruf 'C'.

Taillight sendiri sama juga dengan seri Amerika Serikat. Bahkan knalpot gandanya pun tidak ubahnya sama.

Belum ada komposisi teknis terkait interior. Gambar-gambarnya masih sangat terbatas. Namun di bagian atap terlihat sudah menggunakan sunroof.

Diprediksi kemungkinan besar ia akan menggunakan konsep interior yang dipakai untuk Amerika Serikat dengan menambahkan atau mengubahnya di beberapa sisi, sebagai bentuk penyesuaian pasar China.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mesin

Sebenarnya belum diketahui pasti mesin yang dipakainya nanti. Akan tetapi, berkaca dari emblem 240 Turbo di bodi belakang, mengindikasikan bahwa ZR-V ini berpotensi menggendong 1.5 liter seperti kepunyaan Honda Integra.

Menggunakan empat silinder dan berbahan bensin, dapur pacu tersebut kemudian dikawinkan dengan transmisi CVT dan VTEC Turbo. Menurut lansiran Paultan, tenaganya disinyalir mampu menembus 180 hp dan torsi puncak mencapai 240 Nm.

Perlu diketahui juga, di China, emblem itu turut dipakai oleh model-model lain seperti CR-V, Breeze, Avancier, UR-V dan Civic.

GAC Honda belum mengumumkan terkait harga, apalagi soal spesifikasinya. Namun, akan sangat menarik bila nantinya Dongfeng Honda bakal meluncurkan seri yang tidak jauh berbeda namun dengan kelas harga yang mungkin tidak terpaut jauh.

Isu berembus soal kemungkinan ZR-V bakal menjadi sosok baru di kelas crossover untuk pasar Indonesia. Indikasinya ialah SUV RS Concept yang sempat melantai di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 lalu.

 

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Perbesar
Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya