Jangan Sampai Rusak, Kenali 4 Cara Merawat Tombol Starter Motor

Oleh Arief Aszhari pada 11 Mei 2022, 11:04 WIB
Diperbarui 11 Mei 2022, 11:04 WIB
Electric starter
Perbesar
Electric starter pada motor memudahkan kita menghidupkan motor ketimbang cara kick starter. (Suzuki.co.id)

Liputan6.com, Jakarta - Tombol starter motor atau electric starter memiliki fungsi yang cukup penting, dan memudahkan untuk menghidupkan mesin hanya dengan menekan tombol. Namun, lama penggunaan dari tombol starter biasanya dapat membuat electric starter rewel atau ngadat sehingga tidak dapat berjalan sesuai fungsinya.

Ketika tombol starter ditekan, mesin tidak mau menyala atau motor berbunyi tetapi mesin tidak hidup. Hal tersebut tentu sangat tidak mengenakkan. Apalagi jika kejadiannya saat motor mati di tempat yang cukup sepi dan kaki sedang dalam kondisi kurang baik.

Berikut, cara merawat tombol starter, seperti disitat dari laman Astra Motor:

1. Bersihkan Bagian-Bagian Starter Dengan Rutin

Membersihkan bagian-bagian motor secara rutin memiliki segudang manfaat yang dapat membantumu mengatasi berbagai masalah pada motormu. Termasuk juga masalah pada tombol starter, merawat electric starter agar selalu dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

Pemilik motor bisa membersihkan bagian tersebut dengan melepas soket yang biasanya berwarna merah yang mengarah pada tombol starter. Lalu bisa membersihkannya dengan menggunakan cairan penetran, yaitu dengan cara menyemprotkan cairan penetran pada konektor rangkaian motor starter.

Selain itu bersihkan juga tombol starter yang biasanya terdapat kerak yang menempel di sana karena lamanya pemakaian. Lakukan dengan buka terlebih dahulu dudukan tombol starter dengan menggunakan obeng plus, lalu gunakan amplas halus untuk menggosok bagian konektornya.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


2. Cek Switch Tuas Rem

Bagi pengguna motor matik, perlu menarik tuas rem untuk dapat menggunakan electric starter. Hal ini disebabkan adanya switch atau saklar pada tuas rem.

Nah, jika mesin tidak mau menyala saat menggunakan electric starter cobalah untuk mengecek kondisi switch tersebut dengan cara menjumpernya dengan menggunakan kabel.

Setelah di jumper sembari menekan tombol starter tetapi motor tetap tidak berputar, maka bisa diindikasikan jika switch pada tuas rem tersebut sudah rusak. Maka mau tidak mau kamu harus menggantinya. Tapi tenang saja, harga switch ini tidak mahal karena dibanderol dengan harga sekitar 30 ribuan saja.

3. Sesekali Gunakan Kick Starter Untuk Menghidupkan Mesin

Memanfaatkan kick starter bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk merawat electric starter motormu. Hal ini bisa dilakukan di pagi hari saat akan memanasi mesin motor atau saat akan memakai motormu setelah lama tidak digunakan yang memerlukan sumber tenaga yang besar.

Memanfaatkan kick starter bertujuan untuk mengurangi intensitas penggunaan electric starter, yang mana electric starter agar dinamo starter tidak turun kualitasnya akibat terus dipacu untuk bekerja.


4. Service Motor dengan Rutin dan Tepat Waktu

Selain hal-hal di atas, tips merawat tombol starter yang terakhir yaitu dengan melakukan service secara rutin. Karena saat menservice motor maka mekanik motor akan memeriksa seluruh bagian motor termasuk pada kelistrikan.

Nah, bisa juga meminta mekanik motor untuk mengecek kondisi electric starter dan memperbaiki atau menggantinya jika memang terjadi masalah. Dengan begitu kamu tidak perlu deh mengalami kejadian menyebalkan karena harus menggenjot kick starter saat mesinmu mati.

Infografis Benarkah Vaksin Covid-19 Bikin Kekebalan Tubuh 100 Persen?
Perbesar
Infografis Benarkah Vaksin Covid-19 Bikin Kekebalan Tubuh 100 Persen?
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya