Begini Cara Melakukan Perawatan Berkala Rem Cakram Motor

Oleh Septian Pamungkas pada 10 Mei 2022, 14:02 WIB
Diperbarui 10 Mei 2022, 14:02 WIB
Cara mudah rawat rem cakram pada sepeda motor
Perbesar
Cara mudah rawat rem cakram pada sepeda motor

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari masyarakat yang telah kembali ke perantauan setelah mudik Lebaran di kampung halaman. Saat periode mudik kemarin, tidak sedikit dari masyarakat yang menggunakan sepeda motor.

Nah, sebelum tunggangan kembali digunakan untuk menjalani aktivitas sehari-hari, sebaiknya periksa kembali komponen-komponennya. Salah satunya adalah sistem pengereman.

Rem sendiri memikiki fungsi untuk mengontrol kecepatan, memperlambat dan memberhentikan kendaraan. Ada dua tipe rem sesuai dengan konstruksi dan kegunaan pada kendaraan, yaitu tipe rem hidrolik (rem cakram) dan rem mekanis (rem tromol).

"Fungsi rem tentunya sangat penting dalam melancarkan aktivitas berkendara sepeda motor. Jika kinerja rem terganggu, maka dapat membahayakan keselamatan berkendara pengguna motor," terang Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) dalam keterangan resminya, Selasa (10/5/2022).

Karena itu, ia memberikan beberapa cara perawatan khususnya rem cakram agar mendukung kelancaran aktivitas menggunakan motor.

1. Lakukan pengecekan dan penggantian minyak rem secara berkala

Rutin memeriksa kanvas rem atau mengganti minyak rem yang bermanfaat untuk menjaga agar kinerja rem cakram lebih optimal.

Umumnya, penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 km, atau warna dari minyak rem sudah mengalami perubahan menjadi semakin gelap sehingga membuat kualitas minyak rem sudah jelek dan harus diganti

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Membersihkan Kaliper

Pengguna sepeda motor juga harus memperhatikan hal ini yaitu rutin membersihkan kaliper. Rem cakram bersifat terbuka sehingga saat berkendara di jalanan, debu dan kotoran ikut menempel pada kanvas atau piston.

Kondisi ini mempengaruhi kinerja rem menjadi tidak maksimal, karenanya segeralah lakukan pembersihan pada bagian tersebut.

Atau jika handle rem terasa berat saat ditekan, bisa diperiksa atau ganti seal master rem bagian atas. Atau segera hubungi bengkel resmi terdekat untuk melakukan perawatan dan penggantian komponen pada bagian tersebut.

3. Perhatikan kaliper selalu dalam kondisi baik

Efek yang cukup terasa apabila kaliper bermasalah adalah turunnya kualitas pengereman serta kerja handle rem menjadi berat atau blong, hal ini dapat menimbulkan resiko kecelakaan.

Pastikan kaliper pada motor Anda dalam kondisi yang baik, serta lakukan pemeriksaan rutin ke bengkel resmi terdekat.

Infografis Jangan Panik, Kenali Gejala Hepatitis Akut pada Anak. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Jangan Panik, Kenali Gejala Hepatitis Akut pada Anak. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya