Tips Menghadapi Arus Balik Lebaran 2022 Menggunakan Mobil Bertransmisi Manual

Oleh Liputan6.com pada 09 Mei 2022, 10:04 WIB
Diperbarui 09 Mei 2022, 10:04 WIB
Penutupan Jalan Tol Dalam Kota ke Tol Cikampek
Perbesar
Petugas memasang barikade di Tol Dalam Kota yang mengarah ke Tol Cikampek di Jakarta, Jumat (6/5/2022). Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan akses menuju Tol Jakarta-Cikampek dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Sama pentingnya seperti melakukan mudik Lebaran 2022, perlu persiapan untuk menghadapi arus balik dari kampung halaman menuju rumah. Nah, bagi yang menempuh perjalanan menggunakan mobil transmisi manual, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Jakarta Utara, perlakuan mobil manual dan matik berbeda. Terutama dalam hal pengoperasian, sudah pasti tidak akan sama.

Suparman menjelaskan, jika melintas di jalan menurun sebaiknya pengemudi langsung menggunakan gigi rendah seperti dua atau tiga, agar terjadi engine brake dan mobil tidak meluncur karena ada efek tertahan dari kinerja mesin.

"Apalagi jika jalannya kosong dan menurun, untuk menghindari kecepatan tinggi maka jangan gunakan gigi empat atau lima, mobil akan melaju lebih kencang lagi ketimbang menggunakan gigi dua atau tiga," ujar Suparman, seperti disitat dari laman resmi Auto2000.

Selain itu, kata Suparman, apabila jalan macet ditambah kondisi jalan menanjak jangan terlalu sering melakukan setengah kopling karena akan timbul bau seperti terbakar dan bisa menyebabkan masalah.

"Jika berhenti posisikan perseneling ke netral, jangan masuk gigi lalu menginjak pedal kopling, itu yang akan menimbulkan masalah. Kopling menjadi aus dan akan mengganggu perjalanan Anda," tegas Suparman.

Sebagai informasi, transmisi manual dan matik pada seluruh model Toyota sendiri sudah canggih dan mumpuni di jalan menurun atau menanjak, sehingga yang paling penting adalah pengetahuan atau cara berkendara

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Arus Balik, Korlantas Mengakhiri Rekayasa Lalu Lintas Jalan Tol

Pelaksanaan rekayasa lalu lintas berakhir pada Senin (9/5/2022) dini hari WIB. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri tidak lagi memberlakukan sistem satu arah (one way) dan ganjil genap ketika arus balik mudik Lebaran 2022 dari Tol Kalikangkung sampai Tol Jakarta-Cikampek.

Menurut Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi, berakhirnya rekayasa lalu lintas karena pihaknya melihat keadaan lalu lintas ketika arus balik yang sudah mulai lancar.

"Kami akan menyelesaikan menutup penerapan ganjil-genap yang sudah kami terapkan sejak tanggal 5, kemudian diperpanjang sampai dengan tanggal 6," ujar Firman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, seperti dilansir Antara.

Korlantas Polri sebelumnya telah melakukan penyisiran jalan sampai pukul 00.30 WIB guna memastikan kondisi arus lalu lintas di jalan tol lancar. Baru setelah itu kebijakan mengakhiri rekayasa lalu lintas diambil.

Firman menerangkan, pelaksanaan rekayasa lalu lintas arus balik Lebaran tahun ini menjadi momen bersejarah, setelah koordinasi yang dilakukan jajaran Korlantas Polri serta instansi terkait.

Dia mengutarakan, kesuksesan mengantisipasi kemacetan ketika arus mudik dan arus balik tahun ini, juga berkat peran aktif seluruh lapisan masyarakat.

"Sebagai indikator bahwa suksesnya operasi ini juga adalah karena peran serta seluruh masyarakat yang terus memberikan masukan kepada kami selama melayani kegiatan operasi ini," tutur Firman.

Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Balik Lebaran 2022
Perbesar
Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Balik Lebaran 2022
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya