Sukses

Sudah Selesai Mudik Lebaran 2022, Jangan Lupa Rawat Wiper Mobil

Bagi Anda yang sudah selesai menikmati mudik Lebaran 2022, kini memberi mobil kesayangan perawatan ekstra. Salah satu yang perlu diberi perhatian khusus adalah wiper.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang sudah selesai menikmati mudik Lebaran 2022, kini memberi mobil kesayangan perawatan ekstra. Salah satu yang perlu diberi perhatian khusus adalah wiper.

Menjadi salah satu komponen vital pada kendaraan roda empat, wiper bisa saja getas dan tidak berfungsi maksimal karena pemilik kendaraan enggan merawatnya saat musim panas.

Seperti dilansir Nissan, terdapat tiga cara mudah yang bisa dilakukan sendiri untuk merawat komponen ini, berikut ulasannya :

1. Bersihkan wiper dua kali seminggu

Bersihkan bilah wiper dua kali seminggu dengan sampo mobil untuk menghilangkan partikel debu dan kotoran yang menempel. Dengan perawatan ini, wiper akan lebih maksimal menyapu air dan menghindari baret halus pada kaca saat mengaktifkan wiper.

2. Jangan menggunakan cairan multiguna atau semir ban

Jangan sekali-kali menggunakan cairan multiguna atau semir ban untuk menjaga kelembaban karet. Hal itu dikarenakan cairan justru bisa mengurangi kinerja karet bilah wiper saat diaktifkan.

3. Jangan mengangkat batang wiper saat parkir

Saat ini, beberapa karet bilah wiper sudah dirancang tahan terhadap panas kaca mobil. Tujuannya tentu untuk menjaga kelenturan karet wiper. Karena itu, pemilik kendaraan tidak perlu mengangkat batang wiper saat parkir karena bisa membuat per batang wiper cepat melar.

Akibatnya, tekanan bilah wiper ke kaca mobil menjadi lemah dan mengurangi kinerja sekaan bilah wiper.

Selain itu, saat wiper terangkat, titik beban akan bertumpu pada engsel yang memberi tekanan lebih. Sehingga, engsel dan dinamo penggerak akan bermasalah apabila wiper didirikan terus menerus dalam jangka waktu panjang.

Jika tetap tidak mau menempelkan wiper pada kaca, gunakan batang penyangga yang dijual di toko aksesori agar karet wiper tidak menempel langsung ke kaca.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabar Baik, Tingkat Kecelakaan saat Arus Mudik Lebaran 2022 Turun 28 Persen

Angka kecelakaan lalu lintas di musim mudik lebaran tahun ini mengalami penurunan dibandingkan pada musim mudik tahun 2019.

Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno menyebut berdasarkan data PT Jasa Raharja, jumlah kecelakaan lalu lintas tahun 2022 menurun dibandingkan tahun 2019. Pada periode 25 April 2022 sampai 5 Mei 2022 tercatat ada 4.107 kecelakaan lalu lintas dan 568 korban di antaranya wafat.

Periode yang sama di tahun 2019 terdata 4.083 kecelakaan lalu lintas dan 824 orang wafat. Dengan kata lain, jumlah kasus kecelakaan lalu lintas menurun 28 persen. Kasus warga yang wafat turun 49 persen.

Kedisiplinan dan ketaatan pemudik pada aturan lalu lintas masih rendah. Itu semua tergambar begitu jelas baik di sepanjang jalan tol maupun arteri.

Masih ada pengendara yang didorong faktor kelelahan menggunakan bahu jalan untuk beristirahat, mobil barang (jenis pick up) digunakan untuk mengangkut orang, dan sepeda motor dinaiki lebih dari dua orang.

“Ada juga pengemudi yang kemudian viral di media sosial, karena melintas median jalan tanpa sepengetahuan petugas saat jalur one way diberlakukan,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (8/5/2022).

Ironisnya, tidak ada penindakan dari aparat hukum karena konsentrasi petugas semata-mata terfokus pada kelancaran arus mudik dan arus balik. Tentunya, fenomena pelanggaran-pelanggaran lalu lintas itu sangat mengancam keselamatan dan dapat membahayakan orang lain.

“Kampanye keselamatan berlalu lintas, khususnya saat musim mudik, harus lebih intensif lagi,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.