Bikin Kesal, Ambulans Berisi Penumpang Mau Liburan Terobos Jalur One Way

Oleh Liputan6.com pada 09 Mei 2022, 07:05 WIB
Diperbarui 09 Mei 2022, 07:05 WIB
Ambulans Terobos Jalan, Rupanya Mau Liburan (Instagram @makasar_info)
Perbesar
Ambulans Terobos Jalan, Rupanya Mau Liburan (Instagram @makasar_info)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah mobil ambulans yang menerobos jalur one way mengarah ke Jakarta tepergok oleh Polisi Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor. 

"Tadi anggota kami sedang mengawal proses one way ke arah Jakarta. Dalam proses tersebut ada mobil ambulans yang menerobos proses one way," kata Kapolres Bogor Iman Imanuddin di Simpang Gadog, Ciawi, Jawa Barat dikutip dari akun @makasar_info.

Awalnya, pihak kepolisian berniat memberhentikan ambulans karena ingin memberikan pengawalan prioritas. Tapi setelah dicek, rupanya membawa banyak penumpang yang tengah duduk di lantai mobil beralaskan tikar.

"Bawa orang mau liburan. Tadi ngakunya sakit. Mau liburan padahal," tegas seorang petugas Polisi.

Sopir mengelak

Meski sudah tertangkap basah dengan ditemukannya sejumlah kejanggalan, sopir ambulans tidak memiliki inisiatif positif. Ia bahkan mengelak.

Akhirnya, sopir beserta para penumpang pun digiring ke kantor Satlantas Polres Bogor.

Bahkan saat diminta surat kendaraan dan izin mengemudi, pria yang tak disebutkan namanya itu seakan menghindar. Ia berani melangkah menjauhi anggota Polisi dan mengaku akan berkoordinasi dulu.

"Tadi katanya bawa orang sakit. Mana SIM STNK sini," pinta sang Polisi.

"Saya koordinasi dulu sama," tukas sopir ambulans.

"SIM STNK mana? Kamu apa koordinasi-koordinasi. Saya petugas, mana SIM STNK kamu mana?," tegas petugas Polisi.

Selain itu, sopir juga berdalih bukan untuk liburan, melainkan ke tempat saudara.

"Enggak, enggak mau liburan. Mau ke tempat saudara, ini ada saudara lemas," ujar sopir.

Insiden ini tentu menuai banyak kekecewaan. Dikhawatirkan jika ada ambulans yang memang darurat membawa pasien sakit akan disangka modus berkedok liburan.

Sumber: Merdeka.com

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Waduh, Begini Jadinya Kalau Mobil Ambulans Dipakai untuk Mudik Lebaran

Polisi tindak tegas pemudik yang pakai ambulans (Instagram/@terangmedia)
Perbesar
Polisi tindak tegas pemudik yang pakai ambulans (Instagram/@terangmedia)

Beragam kejadian unik dapat ditemukan di media sosial selama momen mudik Lebaran 2022. Salah satunya adalah pemudik yang nekat menggunakan mobil ambulans untuk pulang ke kampung halaman.

Aksi ini berhasil dipergoki oleh anggota polisi dan langsung ditindak tegas. Hanya saja cara penindakannya benar-benar bikin netizen salut.

Video yang memperlihatkan hal itu diunggah oleh akun Instagram @terangmedia pada Senin (2/5/2022). "Tetap humanis dan cukup diberi pengarahan ketika mobil ambulans dipake buat mudik," tulis terangmedia. 

Ambulans Dipakai Mudik

Dalam video tersebut terlihat seorang polisi memperlihatkan ambulans yang dipakai mudik. Di dalam mobil ada beberapa pemudik yang tengah menuju ke kampung halamannya.

"Saat ini kami mengamankan satu unit KR ambulans yang sebetulnya di STNK-nya adalah nomor induk biasa yang saat ini dipakai mudik," kata polisi.

Polisi pun menindak tegas pemudik nakal ini. Hanya saja tindakan itu berupa edukasi dan tulisan ambulans serta rotator diminta untuk menutup.

Seorang pria pun menutup tulisan ambulans di samping bodi dengan lakban. Sementara itu, ada juga pria yang berada di atap mobil diduga tengah membongkar barang bawaan yang dibawa.

"Sementara kita lakukan edukasi, untuk tulisan ambulans dan rotator kita tutup. Selanjutnya yang bersangkutan diminta tidak mengulangi kembali," kata polisi.

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Perbesar
Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya