Sukses

Volkswagen Habiskan Investasi Besar Demi Pengembangan Kendaraan Listrik dan Baterai

Volkswagen dan mitranya akan menginvestasikan 10 miliar euro untuk membuat kendaraan listrik dan baterai di Spanyol.

Liputan6.com, Jakarta - Volkswagen dan mitranya akan menginvestasikan 10 miliar euro untuk membuat kendaraan listrik dan baterai di Spanyol. Jumlah tersebut, lebih besar 3 miliar euro dibanding yang dijanjikan oleh pabrikan asal Jerman ini, seperti dikatakan oleh Kepala Eksekutif Volkswagen, disitat Reuters, Jumat (6/5/2022)

Perusahaan bavarian ini juga mengumumkan kesepakatan kemitraan dengan utilitas listrik terbesar di Spanyol, Iberdrola, yang akan mendirikan taman surya untuk sebagian daya pabrik baterai yang dibangun di Sagunto, dekat Valencia.

Sementara itu, Iberdrola akan menginvestasikan dana sebesar 500 juta euro, dalam rencana pembangunan kendaraan listrik ini, seperti dikatakan Chief Executive Officer, Ignacio Sanchez Galan.

Meskipun begitu, belum ada rincian informasi lebih lanjut terkait dana investasi untuk kendaraan ramah lingkungan ini.

Volkswagen sendiri mengatakan pada Maret 2022, akan menginvestasikan 7 miliar euro untuk membangun pabrik baterai dan memproduksi kendaraan listrik di dua pabriknya di Spanyol.

Namun, CEO Volkswagen, Herbert Diess mengatakan, angka itu telah dinaikkan menjadi 10 miliar euro dengan mitra baru di dalamnya.

"Kami akan menggemparkan produsen mobil terbesar kedua di Eropa (Spanyol), dengan pabrik baterai giga baru dan produksi mobil listrik di dua pabrik," kata Diess dalam sebuah acara di Sagunto, seraya menambahkan rencananya adalah untuk menciptakan ekosistem pemasok dari ekstraksi lithium hingga perakitan baterai.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana produksi

Diess berbicara pada kunjungan dengan Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez ke lokasi di mana pabrik akan dibangun.

Produsen mobil Jerman itu bertujuan untuk mulai membangun pabrik 40-gigawatt-hour (GWh) pada kuartal pertama 2023, dengan produksi serial akan dimulai pada 2026. Pada 2030, fasilitas tersebut akan mempekerjakan lebih dari 3.000 staf.

Sebagai informasi, Volkswagen akan menginvestasikan 3 miliar euro di pabrik Sagunto, dan 3 miliar euro lagi di empat pabrik SEAT, termasuk pabrik Martorell dekat Barcelona, ​​serta 1 miliar di Pamplona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.