Cuci Helm Sendiri di Rumah Setelah Dipakai Mudik Lebaran, Ini Caranya

Oleh Arief Aszhari pada 06 Mei 2022, 18:03 WIB
Diperbarui 06 Mei 2022, 18:03 WIB
Helm harus dibersihkan dalam waktu periodik yang jelas
Perbesar
Helm harus dibersihkan dalam waktu periodik yang jelas

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun tidak dianjurkan, namun masih ada masyarakat yang memilih menggunakan sepeda motor untuk mudik Lebaran. Tidak hanya itu, di momen libur seperti saat ini juga, kendaraan roda dua banyak digunakan untuk pergi ke daerah wisata di beberapa daerah di Indonesia.

Dengan menggunakan sepeda motor, para pengemudi atau penumpang wajib menggunakan helm sebagai perlengkapan berkendara. Jika sudah begitu, pelindung kepala ini pastinya akan kotor dan harus dibersihkan agar tetap nyaman jika hendak dipakai kembali.

Membersihkan helm, sejatinya bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain lebih hemat, mencuci helm sendiri membuat Anda lebih teliti dan melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Dilansir laman Federal Oil, berikut cara membersihkan helm dengan baik dan benar di rumah:

Pertama, copot semua padding pada helm. Termasuk padding utama alias busa bagian atas. Jangan sembarang saat melepas komponen ini, agar tidak rusak dan robek. Karena itu memperhatikan posisi kancing-kancing adalah hal penting.

Kedua, siapkan air hangat secukupnya untuk keperluan merendam padding. Siapkan ember, sabun atau sampo serta sikat gigi halus untuk menyikat padding helm yang kotor.

Saat air hangat di ember sudah tersedia, campurkan sampo secukupnya dan aduk rata. Setelah itu, masukkan semua padding helm ke dalam ember. Tunggu 5-10 menit, supaya kotoran hilang dan kuman mati.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Jemur helm

Setelah 10 menit dan air sudah mulai dingin, ambil padding yang ada. Gosok menggunakan sikat gigi bekas. Langkah ini, bertujuan untuk menghilangkan noda atau kotoran, sehingga bisa membuat padding kembali bersih.

Usai melakukan hal tersebut, rendam dengan air dingin menggunakan ember lainnya. Ini untuk menghindari kotoran kembali mengendap pada padding.

Berikutnya keluarkanlah, lalu jemur di panas matahari. Perlu diingat, jangan menjemur saat cuaca mendung atau saat hujan. Sebaiknya, padding basah tak langsung diperas. Sebab akan merusak busa di bagian dalam dan membuat cepat kempes.

Setelah kering, pasang kembali di tempat semula. Berikan pewangi helm agar lebih harum. Setelah itu, helm bisa digunakan kembali dengan nyaman.

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Perbesar
Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya