Sukses

Korlantas Sarankan Pemudik Pantau Medsos Terkait Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Lebaran 2022

Arus balik mudik Lebaran 2022, diprediksi mencapai puncaknya pada 6, 7, dan 8 Mei 2022

Liputan6.com, Jakarta - Arus balik mudik Lebaran 2022, diprediksi mencapai puncaknya pada 6, 7, dan 8 Mei 2022. Dengan begitu, jika kondisi kendaraan yang sangat padat di jalan tol terjadi, maka pihak kepolisian akan memberlakukan rekayasa lalu lintas.

Melihat hal tersebut, Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi meminta para pemudik untuk memantau perkembangan informasi di media sosial. Pasalnya, selama arus balik nanti, rekayasa lalu lintas yang menjadi diskresi pihak kepolisian bisa diterapkan kapan saja.

"Diskresi ini bisa diterapkan kapan saja. Maka ikuti sosmed, radio, dan sebagainya, sehingga pulang bisa lebih nyaman," ujar Firman di Command Center KM 29 Tol Jakarta-Cikampek, disitat dari News Liputan6.com, Kamis (4/5/2022).

Lanjutnya, apa yang akan dilakukan pihak kepolisian melalui sejumlah kebijakan berdasarkan diskresinya nanti demi kepentingan khalayak luas.

Sehingga, Firman tak mau kepolisian terkesan menonjolkan sisi kewenangannya dalam pengamanan mudik Lebaran 2022.

"Kami mengingatkan bahwa kami tidak ingin menonjolkan kewenangan, tapi diskresi untuk kepentingan yang lebih besar harus kami ambil dalam kondisi yang sangat tidak ideal ini, dan itu bisa terjadi kapan saja," ucapnya.

Firman memberikan contoh soal beberapa kebijakan yang berlaku kondisional. Di antaranya seperti penerapan rekayasa lalu lintas one way.

"Bisa saat ini kami laksanakan satu lajur, bisa sekian menit kemudian kami mekarkan menjadi dua, tiga hingga akhirnya menjadi one way dan waktunya juga bisa berubah," kata Firman.

Sebelumnya, Kakorlantas Irjen Firman mengajak pemudik untuk kembali ke Jabodetabek lebih awal. Firman berharap pemudik tidak bergantung pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022. Dia memprediksi, puncak arus mudik bakal terjadi di waktu tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang nanti akan pulang mudik, untuk mempertimbangkan kembali. Jika pulang di tanggal 6, 7,dan 8 Mei itu puncak arus baliknya tinggi," tutup Firman.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Ridwan Kamil Mudik Lebaran Menggunakan Motor Royal Enfield

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut menikmati momen mudik Lebaran 2022. Pria yang akrab disapa kang Emil ini memilih mengendarai motor klasik Royal Enfield Classic 500.

Momen mudiknya ini ia bagikan di Instagramnya @ridwankamil pada Selasa (2/5/2022). Tak hanya mudik, ia dan keluarganya pun turut membagikan bingkisan dan angpao ke warga yang ditemui di jalan.

Mudik Naik Motor

Kang Emil, sapaannya, melakukan mudik ke kampung mertua di Cimaung, Banjaran, Bandung. Bukan naik mobil, ia dan keluarganya memilih berboncengan naik motor Royal Enfiel Classic 500.

Ridwan Kamil membonceng anak perempuannya, sedangkan sang istri Atalia Praratya Kamil dibonceng anak sulung.

"Di hari ke-2 ini Ke kampung mertua di Cimaung, Banjaran. Naik motor saja sekeluarga. Saya bonceng si cantik neng Zara dan si Aa membonceng Bu Cinta @ataliapr . Sambil berbagi apa yang bisa di bagi," tulisnya.

Keempatnya pun tampil modis saat menunggangi motor bergaya klasik ini. Sama-sama memakai helm tanpa visor dan kacamata.

Mereka juga membagikan kebahagiaan lebaran ke warga yang ditemui di jalan dengan berbagi angpao dan bingkisan makanan.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 19 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang meminta THR ke Ridwan Kamil.

"Selamat berlebaran Pak Gub?Minal aidin wal faidzin Mohon maaf lahir dan batin," tulis dilar_iyay

"Pk Gub diantos THR na, hatur nuhun , hihi," jelas asep.darajat

"Naik motor memang juara," komentar bonjoopi

"Sugeng Riyadi, PakGub!," jelas advent_id

"Pantesan si aa @emmerilkahn ga jadi ngajak aku da ngebonceng ibu cinta @ataliapr ???????????? salam buat nomi Bu cinta," tulis ratnasuma_ningsih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.