Sukses

5 Cara Melenyapkan Embun dari Kaca Mobil yang Mengganggu saat Berkendara

Saat berkendara di tengah hujan deras, embun yang timbul pada kaca mobil akan sangat mengganggu. Jika kondisi ini tidak segera diatasi maka akan membahayakan keselamatan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat berkendara di tengah hujan deras, embun yang timbul pada kaca mobil akan sangat mengganggu. Jika kondisi ini tidak segera diatasi maka akan membahayakan keselamatan.

Dengan demikian, artikel di bawah ini akan mengulas bagaimana cara mengatasi embun. Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah cara menghilangkan embun dari kaca mobil.

1. Menyalakan AC

Hal pertama yang dapat dilakukan saat kaca mobil berembun adalah dengan segera menyalakan AC. Biasanya beberapa orang berpikir jika mematikan AC dapat mencegah embun, namun ternyata langkah ini salah. Justru langkah yang benar adalah menyalakan AC dengan temperatur dingin saat hujan. 

Hal ini dikarenakan kemunculan embun di kaca mobil disebabkan oleh  suhu di luar lebih tinggi daripada dalam mobil. Maka dari itu Otolovers harus menyesuaikan suhu di luar dengan dalam mobil.

2. Maksimalkan Defogger

Apabila mobil Otolovers telah dilengkapi dengan fitur defogger, kalian dapat memanfaatkannya untuk mencegah terjadinya embun. Part yang satu ini berbentuk garis-garis dengan material kawat tipis yang merupakan kondensator panas. 

Kalian dapat menyalakan part yang satu ini dengan menekan tombol khusus bergambar tiga panah melengkung yang ada berada di dashboard mobil.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menggunakan Shampo Rambut

Ketika Otolovers ingin menghilangkan embun dengan alat yang bersahabat dengan kantong, kalian dapat menggunakan shampo rambut sebagai rahasianya. Shampo memiliki kandungan material yang dapat mencegah munculnya embun karena tetap menjaga kelembaban kaca mobil.

Cara pemakaiannya, Otolovers hanya perlu mengoleskan sampo tanpa dicampur air dengan sedikit pada area dalam kaca mobil. kemudian lap menggunakan kain sintetis yang sedikit lembab dengan arah lurus menyamping dan searah.

4. Mengoleskan Tembakau

Selain dimanfaatkan sebagai rokok, tembakau juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan embun. Cara pemakaiannya sama seperti shampo rambut di atas, namun yang membedakan adalah saat mengoleskan, jangan sampai potongan cengkeh ikut. Hal ini dikarenakan cengkeh dapat menggores kaca mobil. 

Memakai Cairan Anti KabutCairan yang satu ini jual luas di pasaran Indonesia. Kalian dapat memakai cairan ini dengan menyemprotkan pada area kaca yang berembun dan diamkan beberapa saat. Jika telah selesai jangan lupa untuk mengelap kaca secara searah dengan kain yang lembut.

5. Memperhatikan Kondisi Mobil

Selain menggunakan beberapa cara diatas, Otolovers juga harus memperhatikan kondisi mobil untuk tahap pencegahan.

Tidak hanya itu, Otolovers jangan memarkir mobil di bawah terik matahari dan hindari menggunakan lap basah untuk membersihkan kaca mobil bagian dalam. Untuk mengeluarkan hawa panas yang berada di dalam mobil, sebaiknya buka kaca setelah mobil diparkir di tempat terik. 

Demikian, cara menghilangkan embun di kaca mobil yang dapat Otolovers terapkan di rumah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.