Sukses

Buat yang Berminat Pelihara Mobil Retro, Simak Dulu Ini Biar Enggak Nyesel

Mobil retro memang memiliki aura yang begitu memikat, sehingga banyak orang ingin meminangnya. Namun, sebelum meminang mobil tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menyesal setelah membelinya.

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan mobil retro yang belakangan ini terus mendominasi, menjadi racun baru bagi car enthusiast di Tanah Air. Dengan fenomena ini, membuat banyak orang mulai melirik dan ingin memiliki mobil tersebut.

Apalagi, saat ini tren mobil retro tidak hanya digandrungi oleh kalangan senior, tetapi beberapa anak muda saat ini juga mulai kepincut dengan aura yang dipancarkan oleh mobil-mobil lawas tersebut.

Bagi yang memang sudah kepincut dengan mobil retro dan ingin meminangnya, Didot, salah seorang car enthusiast yang cukup dalam memahami karakter mobil ini, memberikan beberapa tips untuk meminangnya.

Dari penjelasan yang diberikan, Didot, mengungkapkan calon pembeli mobil retro harus memperhatikan beberapa hal, terutama adalah mengenai populasi spare part yang nantinya bakal dibutuhkan untuk melakukan penggantian.

Dengan memperhatikan ketersediaan spare part terkait mobil retro incarannya, tentunya akan memudahkan untuk melakukan perawatannya.

"Untuk yang pertama, tipsnya bisa mencari info sebanyak mungkin tentang mobil incarannya, baik ketersediaan onderdil maupun bengkel spesialisnya," buka Didot, saat dihubungi Liputan6.com.

Sementara itu, hal lain yang juga harus dipersiapkan untuk memboyong mobil retro ke dalam garasi rumah, Anda juga harus menyiapkan dana lebih untuk melakukan perbaikan di segala aspek.

Ini adalah hal yang lumrah dilakukan mengingat mobil jenis ini sudah termakan oleh usia.

"Dan juga, mereka yang ingin meminang mobil retro, harus menyiapkan budget lebih untuk melakukan perbaikan dan pembelian onderdil yang harus diganti," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Kenal dengan Komunitasnya

Selain memperhatikan unsur ketersediaan onderdil dan menyiapkan budget yang lebih, Anda juga harus mencari tahu mengenai komunitas mobil retro tersebut.

Ini akan memudahkan mendapat informasi terkait apabila mobil tersebut mengalami kerusakan.

"Ya kita juga harus kenalan sama komunitas atau bengkel, supaya apa? Buat dapetin referensi. Baik itu terkait restorasi, perawatan, maupun modifikasinya," beber Didot.

Dan poin yang juga tidak kalah penting adalah membawa rekan yang memahami kondisi mobil retro yang diincar. Hal ini ditujukan untuk memberikan informasi terkait kondisi mobil dan mengecek mobil guna terhindar dari penipuan.

"Sewaktu lagi lihat unit yang diincar, ada baiknya ajak teman atau kenalan, yang kebetulan sudah paham tentang mobil tersebut. Biar ada insight atau masukan terhadap mobil tersebut," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Hari Raya Idul Fitri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.