Sistem One Way Arus Mudik 2022 Sempat Diperpanjang Hingga Tol Bawen

Oleh Fahmi Rizki pada 01 Mei 2022, 14:03 WIB
Diperbarui 01 Mei 2022, 14:03 WIB
Tol Jakarta-Cikampek Terapkan Contraflow
Perbesar
Sejumlah kendaraan melintas di jalan tol Cikopo - Palimanan KM 73, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022).  H-2 arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 H, ruas jalan Tol Trans Jawa kembali menerapakan skema contraflow. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Momen pulang kampung yang kini telah diperbolehlan oleh pemerintah, dimanfaatkan oleh setiap masyarakat yang ingin berjumpa dengan keluarga di kampung halaman.

Melihat animo tersebut, dalam catatan petugas kepolisian, volume kendaraan yang melintas dari arah Jakarta menuju arah timur terus bertambah dan sempat membuat kemacetan.

Pihak kepolisian terus melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di sepanjang Jalan Tol. Sebagai salah satu langkah cepatnya, petugas telah memperpanjang sistem one way arus mudik 2022 hingga Tol Bawen.

Hal tersebut terlihat pada H-2 lebaran 2022, di mana volume kendaraan mengalami peningkatan sehingga dari yang semula sistem one way ini berakhir di Gerbang Tol Kalikangkung, akhirnya diperpanjang untuk mengurai kemacetan.

"Penerapan one way hingga Tol Bawen akan mengurangi kemungkinan terjadinya kepadatan lalu lintas terutama di Tol Kalikangkung," jelas Kepala Pos Pam Tol Kalikangkung, Ipda Riyadi, dilansir laman resmi Korlantas Polri.

Pada Sabtu 30 April 2022 pukul 12.00-14.00 WIB, petugas mencatat volume kendaraan sebesar 4.733 unit yang melintas Gerbang Tol Kalikangkung.

Sementara pada Jumat (29/4/2022), jumlah kendaraan yang melintas GT Kalikangkung pada jam yang sama tercatat sebanyak 5.360 kendaraan.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


ExxonMobil Gelar Mudik Gratis untuk Mekanik Bengkel Rekanan

PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) berkolaborasi dengan Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) dalam memfasilitasi mudik gratis bagi mekanik bengkel terpilih. Seremonial pelepasan mudik bersama ini berlangsung di Pol PO Sumber Alam di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30 April 2022).

"Pasca pemerintah memperkenankan mudik bagi masyarakat, kami berupaya sesegera mungkin dapat memfasilitasi para mekanik beserta keluarga, agar dapat kembali mudik ke kampung halaman," terang Sri Adinegara, Market Development Director PT EMLI dalam keterangan resminya.

"Kegiatan ini juga merupakan apresiasi bagi para mekanik setelah hampir dua tahun tidak mudik, karena kondisi pandemi yang belum mereda di Indonesia," tambahnya.

Disebutkan, mudik bareng ini tetap menjalankan anjuran pemerintah untuk dapat mudik sehat, aman, dan nyaman selama perjalanan, terlebih lagi kendaraan yang digunakan merupakan bus-bus berkualitas.

Untuk diketahui, mekanik yang diberangkatkan berasal dari bengkel-bengkel rekanan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia yang tersebar di area Jabodetabek. Para mekanik dan keluarga yang ikut kegiatan ini akan diantar sampai ke kota tujuan.

"Kami menyiapkan bus tujuan Jogja, Solo, Surabaya via jalur selatan, dan Surabaya via jalur utara, sehingga titik-titik pemberhentian bisa lebih dekat untuk sampai ke kampung halaman," ujar Adinegara.


Infografis Satu Arah Tol Trans Jawa Saat Mudik Lebaran

Infografis Satu Arah Tol Trans Jawa Saat Mudik Lebaran
Perbesar
Infografis Satu Arah Tol Trans Jawa Saat Mudik Lebaran
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya