Biar Perjalanan Mudik Tenang, Pastikan Alat-Alat Ini Ada di Mobil

Oleh Liputan6.com pada 30 Apr 2022, 12:08 WIB
Diperbarui 30 Apr 2022, 12:08 WIB
perkakas
Perbesar
Benda-benda yang wajib disimpan di mobil untuk keperluan darurat. (shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat perjalanan mudik Lebaran, tentu Anda sudah melakukan pemeriksaan pada kendaraan. Meski demikian, tak ada salahnya membawa perlengkapan tambahan, maupun mengecek kembali peralatan yang seharusnya Anda bawa ketika berkendara jarak jauh.

Berikut kami kumpulkan daftar alat-alat yang perlu ada di bagasi Anda, semoga tak sampai digunakan, namun paling tidak menjamin Anda untuk dapat melakukan beberapa perbaikan ringan maupun melakukan recovery sendiri saat kondisi darurat.

Kabel Jumper / Power Bank

Kabel jumper berguna untuk menyambungkan listrik antara dua mobil. Perangkat yang biasanya berbentuk untaian dua kabel ini bisa mengambil energi listrik dari mobil yang menyala sehingga aki yang sudah kehilangan arus tetap dapat menyalakan mesin. Harganya pun relatif terjangkau, mulai Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu.

Jika Anda ada budget lebih, bisa juga memilih membawa power bank khusus yang memiliki daya simpan listrik besar dan memungkinkan untuk mendongkrak daya untuk menyalakan mobil. Biasanya harganya mulai Rp 1 jutaan.

Baik itu power bank atau kabel jumper, keduanya sangat dibutuhkan oleh Anda yang menggunakan mobil bertransmisi otomatis. Sebab mobil dengan jenis girboks ini tidak bisa didorong transmisi manual untuk menyalakan mesinnya.

Lampu Darurat

Bayangkan ada sekring yang putus di bagian mesin maupun kabin saat Anda berada di tengah perjalanan saat malam hari. Mengakses atau menemukannya tentu akan jadi pekerjaan berat jika Anda tak punya pencahayaan. Bawa selalu lampu kecil untuk membantu pertolongan darurat di malam hari.

Pastikan lampu yang Anda beli mempunyai mekanisme untuk digantungkan. Tak salah juga jika Anda membeli model yang bisa dipasang di kepala.

Dongkrak dan Kunci Roda

Tak ada alasan untuk Anda tak membawa dua alat ini. Pabrikan bahkan sudah memberikannya dalam paket pembelian kendaraan.

Pastikan Anda mengetahui cara kerja dongkrak, di mana memasang pengungkitnya, dan bagaimana cara melepas roda mobil Anda. Pelajari hal-hal ini sebelum melakukan perjalanan jauh.

P3K

Masih masuk dalam perangkat standar saat pembelian mobil, peranti P3K adalah salah satu hal yang tak boleh luput ada dalam kabin mobil Anda. Pastikan di dalamnya terdapat cairan pembersih luka, perban, plester, gunting, dan lainnya.

Jangan lupa cek kembali masa kadaluarsa dari obat-obatan tersebut. Biasanya paket P3K untuk kendaraan sudah dijual khusus di beberapa gerai aksesoris otomotif.

Lap Chamois-Micro Fiber-Ember

Mungkin Anda tak akan menyuci mobil di tengah perjalanan mudik, maupun selama berlibur panjang. Tak salah jika Anda mengambil opsi praktis ini. Namun lain halnya jika Anda ingin sekadar membersihkan kaca maupun lampu yang tak kena sapuan wiper.

Tentu membutuhkan lap dan air untuk membersihkannya. Pastikan membawa lap chamois, micro fiber dan ember ya. Di Ace Hardware misalnya, Anda bisa mendapatkan paket ember lipat dan perangkat bersih-bersih mobil yang dikemas secara praktis merek ProClean seharga tak sampai Rp 100ribuan.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


APAR

Alat Pemadam Api Ringan (APAR), kini adalah perangkat standar di mobil-mobil baru. Pastikan mobil Anda juga membawanya ya. Harganya tak mahal, namun api sebesar apapun, biasanya dimulai dari api kecil yang bisa kita padamkan jika diketahui lebih dulu.

Meski sudah membawa, pastikan Anda memahami cara penggunaan APAR. Bagaimana cara mengoperasikannya, cara mengarahkannya, hingga menemukan sumber api. Sebab, APAR biasanya hanya mampu menyemprot dalam waktu yang singkat, menyemprotkannya ke arah yang salah, tak akan memadamkan sumber api.

Tire Inflator

Saat ini di pasaran sudah banyak beredar perangkat pemompa ban yang berukuran kecil dan bisa dibawa di mobil. Perangkat ini biasanya berbentuk kompresor mini yang ditenagai listrik dari output 12V yang umum ada di mobil.

Jika mobil Anda mengalami bocor halus dan kekurangan angin, tentu dengan adanya perangkat ini Anda tetap bisa melanjutkan perjalanan dan tak perlu khawatir jika angin ban terus berkurang, karena bisa diisi sendiri. Harganya pun relatif terjangkau, mulai dari RP 200 ribuan. 

Tool Kit

Pabrikan memang sudah berbaik hati menyediakan beberapa peralatan seperti obeng, dan beberapa kunci di mobil Anda. namun baiknya Anda menyimpan juga peralatan yang lebih lengkap. Anda bisa membeli tool kit set, yang berisi peralatan mulai dari obeng hingga kunci bahkan palu.

Biasanya tool kit dijual dalam satu paket praktis sehingga mudah disimpan dan digunakan. Meski Anda tak tahu kapan membutuhkannya, namun jika terjadi sesuatu dan tak memilikinya, itu lebih buruk.

Sumber: Oto.com

Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Mudik Lebaran 2022
Perbesar
Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Mudik Lebaran 2022
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya