Sukses

Digerebek di Eropa, Suzuki Dicurigai Curangi Emisi Mesin Diesel

Jaksa di Jerman, Italia, dan Hungaria telah melakukan penyelidikan terkait dengan penggunaan perangkat ilegal mobil diesel Suzuki

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa di Jerman, Italia, dan Hungaria telah melakukan penyelidikan terkait dengan penggunaan perangkat ilegal mobil diesel Suzuki. Hal tersebut, diduga untuk melakukan tindakan curang terkait peraturan emisi di Eropa yang dilakukan oleh pabrikan asal Jepang tersebut.

Disitat Reuters, Jaksa di Jerman mengatakan dalam sebuah pernyataan, penyelidikan akan menyangkut orang-orang yang bertanggung jawab di Suzuki, yaitu pembuat mobil keempat terbesar, Stellantis yang memasok mesin diesel Suzuki. Selain itu, juga pembuat suku cadang mobil Jepang Marelli, yang memasok komponen mesin tersebut.

Kemudian, mesin tersebut dirakit menjadi satu model di pabrik Hungaria. Penyelidikan sedang dilakukan di Jerman, Italia dan Hungaria sebagai bagian dari koordinasi Eurojust, badan kerja sama peradilan pidana Eropa.

Seorang juru bicara Suzuki, yang bermarkas di Jerman mengatakan, jika perusahaan bersama dengan manajeman lokal telah bekerjasama dengan otoritas investigasi. Namun, ia tidak dapat berkomentar lebih lanjut, karena penyelidikannya sedang berlangsung.

"Perangkat itu diduga dipasang di mesin diesel buatan Italia pada sejumlah besar mobil, memberi kesan bahwa emisi nitrogen oksida kendaraan itu sejalan dengan peraturan Uni Eropa (UE)," tulis Eurojust.

Sementara itu, Stellantis mengatakan jika anak perusahaannya di Italia, FCA, telah diminta menjadi bagian investigasi di Frankfurt untuk menyediakan informasi dan dokumen terkait penggunaan perangkat lunal pengontrol emisi yang dipasok ke Suzuki.

"Perusahaan akan terus bekerja sama penuh untuk penyelidikan masalah ini," kata Stellantis.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suzuki Hadirkan Escudo Bermesin Hybrid

Suzuki mengumumkan kembalinya Escudo untuk pasar Jepang. Meskipun memiliki tampilan yang cukup identik dengan model sebelumnya, namun mobil yang memiliki nama Vitara di pasar Eropa kini tersedia dengan mesin hybrid.

Disitat Carsoops, Kamis (27/4/2022), jantung penggerak Suzuki Escudo hybrid ini menggabungkan mesin empat silinder DualJet berkapasitas 1,5 liter dengan motor listrik.

Dengan spesifikasi tersebut, mobil ini mampu mengembuskan daya hingga 99 Tk dengan torsi maksimum sebesar 132 Nm.

Sementara motor listrik yang dibenamkan mampu menghasilkan tenaga hingga 33 Tk dengan torsi maksimum sebesar 60 Nm.

Tenaga maksimal mobil ini, dikirim ke empat roda melalui gearbox otomatis ASG 6-percepatan, serta dengan sistem AllGrip AWD Suzuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.