Sukses

Hyundai Ioniq 6 Mulai Diuji Coba

Setelah fokus meluncurkan IONIQ 5 secara global, Hyundai rupanya mempunyai proyek baru dengan sasis E-GMP. Mobil tersebut adalah Hyundai IONIQ 6.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah fokus meluncurkan IONIQ 5 secara global, Hyundai rupanya mempunyai proyek baru dengan sasis E-GMP. Melansir motor.es, Selasa (26/4/2022), mobil tersebut adalah Hyundai IONIQ 6.

Layaknya mobil prototipe, sekujur bodi mobil misterius ini tertutup rapat. Hanya bagian atap, side skirts dan pelek yang terungkap. Pasalnya lokasi pengetesan berada di jalanan sekitar Sirkuit Nurburgring, Jerman.

Berdasarkan bocoran foto yang tersebar, Hyundai IONIQ 6 mengusung tampilan bodi sedan coupe seperti Hyundai Prophecy Concept.

Bagian atapnya cukup membulat dan panjang yang tersambung pada area kap mesin serta bagasi dengan overhang pendek.

Hal ini menunjukkan bahwa IONIQ 6 berpotensi menggunakan sasis E-GMP yang sama. Bahkan jarak antar sumbu roda yang panjang dan pelek turbin berukuran 20 inci, mirip seperti Hyundai IONIQ 5.

Detail-detail lainnya mencakup lampu depan berupa "Pixel LED" dan lampu belakang LED segaris.

Isu yang beredar menyebutkan, Hyundai IONIQ 6 bakal disematkan baterai berukuran 77.4 kWh dengan klaim jarak tempuh mencapai 600 kilometer.

Sama seperti IONIQ 5 di luar pasar Indonesia, mobil ini nantinya akan tersedia dengan pilihan penggerak roda belakang (RWD) dan penggerak empat roda (AWD).

Mobil listrik ini dijadwalkan meluncur secara global di semester kedua tahun ini. Namun belum ada kabar mengenai kemungkinan debutnya nanti di Indonesia.

Sumber: Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hyundai Ioniq 5 Raih World Car of the Year pada ajang World Car Awards 2022

Hyundai Ioniq 5 dinobatkan sebagai World Car of the Year di ajang World Car Awards 2022. Crossover all-electric itu mengungguli sedan listrik murni Kia EV6 dan SUV Ford Mustang Mach-E.

Hyundai Ioniq 5 juga dinobatkan sebagai World Electric Car of the Year dan World Car Design of the Year, kata pihak Hyundai dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Yonhap, Kamis (14/4/2022).

"Dengan Ioniq 5, kami berangkat untuk menciptakan pengalaman mobilitas baru -- pengubah permainan. Kendaraan luar biasa ini dimungkinkan oleh semangat dan upaya para desainer dan insinyur yang mendorong batas-batas apa yang mungkin terjadi di ruang kendaraan listrik (EV)," kata Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Pusat Desain Global Hyundai Lee Sang-yup.

Hyundai mempercepat strategi elektrifikasinya untuk menjadi pembuat EV utama karena bertujuan untuk berubah menjadi penyedia solusi mobilitas pintar. Mereka berencana untuk memperkenalkan 17 model listrik baru pada tahun 2030, termasuk model merek mewah Genesis.

Prestasi lainnya, Ioniq 5 dinobatkan sebagai German Car of the Year 2022 pada November dan UK Car of the Year 2022 pada Maret.

Pada Februari 2022, Luc Donckerwolke yang merupakan wakil presiden eksekutif Hyundai Motor Group untuk desain dan chief creative officer dinobatkan sebagai World Car Person of the Year 2022 atas kontribusinya dalam mengawasi pengembangan model baru, termasuk Ioniq 5.

Ajang World Car Awards 2022 dipilih oleh panel yang terdiri dari 102 jurnalis otomotif internasional dari 33 negara. Di kategori mobil listrik dalam ajang World Car Awards 2022, Kia mengalahkan sedan EQS Mercedes-Benz dan mobil sport e-tron GT Audi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.