Sukses

Bertemu Elon Musk, Menko Luhut Pamer Potensi Nikel Indonesia untuk Baterai Tesla

Pertama kalinya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan CEO Tesla, Elon Musk

Liputan6.com, Jakarta - Pertama kalinya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan CEO Tesla, Elon Musk. Meskipun dalam dua tahun belakangan, terus berkomunikasi dengan orang terkaya di dunia tersebut.

Pertemuan ini sendiri, dilakukan di Giga Factory Tesla, yang berlokasi di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS).

Dalam keterangan yang diunggah di akun Instagram @luhut.pandjaitan, sang menteri tidak menyangka bisa disambut dengan ramah dan bersahabat oleh pendiri mobil listrik asal Negeri paman Sam tersebut.

"Selama kurang lebih satu jam, saya menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang saat ini sedang kami eksplorasi terus lewat program hilirisasi mineral," tulis Luhut sebagai caption dalam unggahannya, dilihat Rabu (27/4/2022).

Lanjut Luhut, ia melihat antusiasme dan ketertarikan dari wajah Elon Musk, terkait potensi besar Indonesia untuk bisa mendukung industri kendaraan listrik global.

Namun, ia juga penasaran, kepada dalam beberapa waktu lalu, Elon Musk sedikit kaku dengan beberapa aturan terkait industri kendaraan listrik dan pengolahan nikel di Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dijadwalkan Bertemu Jokowi

"Terlepas dari hal tersebut, yang paling melegakan bagi saya adalah saat Elon menyampaikan alasan ketertarikannya kepada kerja sama kali ini, yaitu karena paparan saya tentang potensi besar Industri Nikel di Indonesia yang mengubah persepsinya karena ia anggap sangat menjanjikan untuk mampu men-supply bahan baku baterai mobil listrik, yang sangat dibutuhkan oleh Tesla," tegasnya.

Oleh karena itu, pada 14 Mei 2022, saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke AS, Elon berjanji akan mengubah jadwal demi menemui langsung orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Saya juga mengundang Elon untuk datang ke Indonesia dalam forum B-20, yaitu salah satu rangkaian dari perhelatan G-20 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan November nanti," tegasnya.

"Saya berharap ini bukanlah pertemuan kami yang terakhir dan ke depan akan ada pembahasan terkait progres perkembangan industri nikel di Indonesia yang berteknologi tinggi bisa membawa negara kita masuk kepada rantai pasok global industri kendaraan listrik," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.