Begini Jadinya Kalau Mudik Lebaran 2022 Naik Mobil Sambil Bawa Motor

Oleh Liputan6.com pada 27 Apr 2022, 11:05 WIB
Diperbarui 27 Apr 2022, 11:05 WIB
LCGC angkut muatan berlebih (Instagram/@dagelan)
Perbesar
Begini Jadinya Kalau Mudik Lebaran 2022 Naik Mobil Sambil Bawa Motor

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang berencana untuk mudik Lebaran 2022 menggunakan kendaraan pribadi, tentu harus mengenal batas maksimal muatan yang bisa dibawa. Jika terlalu berlebihan, tentu membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Setiap kendaraan sebenarnya memiliki batas maksimal muatan yang dibawa. Hanya saja terkadang ada pemiliknya yang nekat membawa muatan berlebih, padahal kondisi seperti ini sangat berbahaya.

Seperti mobil dalam video unggahan akun Instagram @dagelan pada Senin (25/4/2022). "Gimana persiapan mudiknya kawaaan?," tulis akun tersebut.

Angkut Motor

Dalam video tersebut terlihat ada seorang pria yang menata muatan di bagasi mobil. Barang bawaan yang dibawa benar-benar tak terduga, sebab terlihat ada motor matik, koper, kardus, hingga karung besar.

Jika dilihat dari desainnya, diduga mobil putih tersebut merupakan LCGC Ayla atau Agya. Karena dimensinya kecil jelas saja muatan-muatan tadi tak cukup di bagasi.

Alhasil pintu bagasi sampai dibuka ke atas dan barang-barang tadi diikat dengan talil agar tak terjatuh. Kemudian barang-barang tadi ditutup menggunakan terpal berwarna biru.

Aturan Terkait

Pada dasarnya mobil penumpang boleh dipakai untuk mengangkut barang. Hanya saja tak boleh berlebihan dan harus memenuhi beberapa syarat. Menurut aturan PP 74/2014 pasal 10 ayat 2 dan 3 syarat tersebut meliputi:

a. tersedia ruang muatan dan/atau tempat muatan yang dirancang khusus;b. barang yang diangkut sesuai dengan ruang muatan; danc. jumlah barang yang diangkut tidak melebihi daya angkut sesuai dengan tipe kendaraannya.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 200 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang menyarankan agar menyewa truk saja.

"Membahayakan diri dg overload bgtu," tulis nadaanabiila_

"Yg ada ketangkep polisi pak," jelas ecywichaksani

"Ga sekalian rumahnya dibawa pak," komentar yudieth

"Skalian Pindah rumah itu," tulis dones1708

"Sewa truk aja,lebih aman," jelas robby.habibie

Sumber: Otosia.com

Saksikan videonya di https://www.instagram.com/reel/CcwoQ9PpMvo/?utm_source=ig_embed&ig_rid=b2329942-de1c-46e1-82c1-55872ce8cdab 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jangan Lupa Cek Mesin hingga Ban Mobil Sebelum Mudik

Mudik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil masih jadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia. Alasannya, selain bisa lebih menikmati perjalanan, juga bisa saling mengakrabkan diri bersama keluarga saat perjalanan mudik menuju kampung halaman.

Namun, bagi pemilik roda empat, sebelum melakukan mudik Lebaran, usahakan untuk melakukan pemeriksaan lima komponen ini. Tujuannya, agar mobil tetap dalam performa terbaik dan tidak menyusahkan saat di jalan.

Berikut, komponen yang harus diperiksa, dilansir laman resmi Auto2000:

1. Cek Mesin Secara Menyeluruh

Pengecekan mesin secara menyeluruh perlu dilakukan karena mobil akan melakukan perjalanan dengan total jarak tempuh hingga ratusan kilometer. Mekanik akan mengecek bagian komponen oli mesin, baik dari segi keenceran atau volumenya, filter oli, hingga yang lainnya.

Kemudian bagian timing belt juga akan dicek agar mengetahui apakah kondisi masih bagus atau sudah retak. Komponen ini sendiri sangat vital karena mendukung kinerja satu komponen dengan lainnya.

2. Kelistrikan Harus Prima

Bagian kelistrikan mobil menjadi hal penting yang harus dicek dan dirawat sedemikian rupa. Alasannya karena kelistrikan yang berasal dari aki dapat memengaruhi kinerja beberapa komponen lain, seperti lampu mobil, sistem entertainment, hingga sistem starter.

Semua komponen tersebut saling membutuhkan kinerja kelistrikan yang prima. Itulah mengapa bagian ini perlu dicek, termasuk volume air aki sendiri.


3. Cek Air Radiator Mobil

Melakukan perjalanan yang jauh hingga ratusan kilometer dapat membuat mesin mobil rentan panas. Namun dengan adanya air radiator maka mesin mobil dapat berada di tingkatan suhu yang tepat. Hal ini dapat diperoleh dengan kinerja sistem radiator yang baik. Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan pada bagian ini.

Level air radiator yang kurang dapat membuat mesin menjadi lebih cepat panas. Para mekanik akan melakukan pengecekan dengan melihat seberapa banyak air radiator yang masih ada. Jika sudah berkurang, maka mereka akan menambahkannya dengan cairan khusus. Kemudian bagian tabung air atau reservoir radiator juga perlu dicek.

4. Periksa Bagian Kaki-Kaki

Bagian kaki-kaki mobil akan memengaruhi tingkat kenyamanan Anda selama berkendara. Jika tidak dicek secara mendalam maka tidak aneh ketika Anda mendengar bunyi suara gemuruh dari kaki-kaki mobil. Salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah bearing di roda.

Bearing ini harus dapat kondisi baik. Jangan sampai ada kejadian rusak atau pecah di jalan karena dapat membuat mobil tidak bisa dikendarai lagi sebelum bearing diperbaiki.

5. Cek Ban Mobil

Benar sekali, ban mobil harus dicek juga secara detail. Kalau kondisi permukaan ban sudah mulai botak, maka Anda perlu menggantinya. Jangan sampai cengkeraman ban mobil tidak optimal karena dapat mengakibatkan muncul masalah selip saat melintasi jalanan licin.

Cek juga tekanan angin ban. Jangan sampai terlalu tinggi atau terlalu rendah juga. Hal ini sangat memengaruhi tingkat kenyamanan Anda dan keluarga, khususnya ketika melewati jalanan dengan permukaan tidak rata. 

Infografis journal_Persiapan Mudik Lebaran 2022
Perbesar
Infografis journal_Persiapan Mudik Lebaran 2022
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya