Sukses

AHM Targetkan Jual 4,4 Juta Motor di 2022

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mematok target 5,4 juta motor baru bisa terjual di 2022. PT Astra Honda Motor (AHM) pun berupaya mendominasi dengan mematok target penjualan 4,4 juta unit

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mematok target 5,4 juta motor baru bisa terjual di 2022. PT Astra Honda Motor (AHM) pun berupaya mendominasi dengan mematok target penjualan 4,4 juta unit di sepanjang 2022. 

Jika target penjualan motor yang dibidik AHM bisa terpenuhi, maka pabrikan berlogo sayap mengepak ini dipastikan akan jadi pemimpin pasar dengan market share sampai 81,4 persen

Sebelumya, AHM berhasil menjual sepeda motor sebanyak 3.928.788 unit pada 2021. Torehan itu tetap mengamankan posisinya sebagai market leader dengan menguasai penjualan sampai 77,6 persen dari total penjualan motor nasional di 5.057.516 unit.

Direktur Marketing PT AHM Thomas Wijaya mengatakan, kondisi penjualan motor pada tahun ini dikategorikan baik meskipun belum bisa menyamai capaian di 2019 sebelum adanya pandemi di Indonesia. Salah satu faktor pendongkrak jualan motor Honda dikarenakan harga komoditi yang juga meningkat.

"Soal kondisi pasar di tahun ini, memang cukup baik karena harga komoditi cukup tinggi jadi beberapa area di pulau Jawa masih terus mengalami peningkatan baik di Sumatera, Kalimantan, atau Sulawesi bahkan marketnya mulai kembali seperti 2019," kata Thomas dalam sesi konferensi pers virtual, Senin (25/4/2022).

"Tentu ini menjadi peluang pasar di 2022 untuk area komoditi, di sisi lain pemerintah juga sangat mendorong bergulirnya roda ekonomi sehingga beberapa aktivitas untuk mobilitas sudah dibuka secara bertahap di semua area, termasuk menggencarkan vaksinasi booster agar kesehatan dan ekonomi bisa berjalan beriringan," lanjut dia.

Di lain hal Thomas juga memaparkan hasil penjualan motor Honda selama triwulan 2022. Di kuartal 1 tahun ini AHM berkontribusi sangat besar yakni berhasil menjual 951 ribu unit dari total penjualan motor nasional di 1.262.586 unit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produk Baru Simulasi Minat Konsumen

Kendati demikian, apabila dikomparasi dengan hasil penjualan pada periode yang sama di 2021 ada penurunan hingga 5 persen. Biang keladi dari penurunan penjualan disebabkan karena imbas dari kelangkaan chip semikonduktor, sehingga proses distribusi kepemilikan motor Honda sedikit terganggu.

"Itu berdampak di AHM, tapi kami tetap mengucapkan terima kasih kepada konsumen dan meminta maaf yang mungkin membutuhkan sedikit waktu untuk lebih sabar menunggu mendapatkan sepeda motor Honda miliknya apalagi menjelang Lebaran seperti ini," kata dia.

Resep mengapa Honda bisa terus mendapat hati dari konsumen berkat strategi yang terus digencarkan.

Paling ampuh adalah menawarkan ragam produk baru, di awal tahun ini mereka sudah meluncurkan Vario 160, New Genio, dan 3 motor gede yakni Rebel 500 warna anyar, CB650R 2022, dan Honda CBR 1000RR-R SP edisi ulang tahun ke-30.

"Tiga bulan di tahun ini kami sudah melakukan beberapa launching produk baru. Kemudian di IIMS 2022 juga sangat mendapatkan tanggapan positif. Di situ total penjualan kami ada 800 unit atau meningkat dibanding 2021, meskipun sedikit dibawah 2019 sebelum adanya pandemi. Ini adalah tanda-tanda positif dari demand masyarakat," pungkasnya.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.