Sukses

Daihatsu Sirion Facelift Mendarat di Indonesia, Tertangkap Kamera Saat Digendong Truk

Kembaran Daihatsu Sirion di Malaysia, yakni Perodua Myvi, lebih dulu menerima facelift menjelang akhir 2021. Mobil itu mengalami beragam perubahan, mulai dari bagian eksterior hingga teknologi keselamatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kembaran Daihatsu Sirion di Malaysia, yakni Perodua Myvi, lebih dulu menerima facelift menjelang akhir 2021. Mobil itu mengalami beragam perubahan, mulai dari bagian eksterior hingga teknologi keselamatan.

Yang menarik, ADM sebenarnya hendak meluncurkan Daihatsu Sirion tebaru menjelang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Namun pada saat itu Malaysia sedang mengalami lock-down, sehingga harus ditunda.

"Sebenarnya kita planning untuk meluncurkan (New Sirion) pas GIIAS kemarin. Tapi karena Malaysia lagi lockdown berat, akhirnya tertunda," ungkap Adrian Kosim, Product Marketing Specialist ADM, pada kesempatan lalu.

Kini debut Daihatsu Sirion facelift makin dekat, lantaran versi terbatu mobil ini sudah mendarat di Indonesia. Hal ini terkuak dari sebuah video reportase terkait arus mudik Lebaran 2022 yang diunggah akun YouTube Liputan6, Minggu (24/4/2022).

Sekitar menit ke-3, terkuak sebuah truk angkut mobil yang diduga kuat sedang membawa Daihatsu Sirion terbaru. Meski belum dikonfirmasi oleh Daihatsu, ada beberapa bagian yang menunjukkan bahwa mobil ini adalah Sirion facelift.

Paling mencolok adalah fascia depan yang berbeda dengan model yang dijual saat ini. Mobil perkotaan ini sudah mengusung tampilan New Perodua Myvi, dengan desain bumper baru dan housing lampu kabut yang menghilang.

Sebagai gantinya, ada garis memanjang ke bawah yang dipasangkan Daytime Running Lights (DRL) LED. Perubahan lain mencakup grill depan baru, bentuk lampu sedikit berbeda dan garnish baru di bagian bawah bumper depan.

Spesifikasi Daihatsu Sirion terbaru di Indonesia masih menjadi misteri. Namun beberapa bagian, seperti mesin dan transmisi yang digunakan, terungkap pada situs Samsat DKI Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkiraan Mesin dan Harga

Pasalnya mobil ini masih dibenamkan mesin yang sama, yakni 1.300cc naturally aspirated berkode 1NR-VE dengan semburan tenaga 95 PS dan torsi 120 Nm.

Hal ini cukup berbeda dengan kembarannya dari Negeri Jiran yang tersedia dengan pilihan mesin 1.500cc 2NR-VE dengan output 103 PS dan torsi 136 Nm.

Sedangkan transmisi New Daihatsu Sirion akan mendapatkan perubahan. Sama seperti Myvi, mobil ini akan disematkan girboks D-CVT untuk menggantikan transmisi otomatis 4 percepatan pada model sebelumnya.

Sementara sistem keselamatan pada versi terbaru Sirion berpotensi tidak mengalami perubahan. Berbeda dengan mobil Daihatsu lainnya, Sirion didaftarkan tanpa adanya 'ASA' atau Advanced Safety Assist.

Tidak heran jika fitur seperti Collision Mitigation Braking, Lane Departure Warning dan Lane Keep Assist, kemungkinan besar masih absen pada mobil ini.

Untuk patokan harga, data Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Daihatsu Sirion facelift berada di angka Rp 160 juta untuk tipe X dan Rp 167 juta untuk tipe R.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.