Modifikasi Vespa Klasik Bermesin Listrik, Berapa Ongkosnya?

Oleh Liputan6.com pada 26 Apr 2022, 10:04 WIB
Diperbarui 26 Apr 2022, 10:04 WIB
Modifikasi Vespa Klasik Bermesin Listrik
Perbesar
Modifikasi Vespa Klasik Bermesin Listrik (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Pada saat ajang Indonesia International Motor Show 2022 lalu atau IIMS Hybrid yang digelar beberapa waktu lalu, sebuah Vespa klasik cukup menyedot perhatian. Meskipun sekilas tak ada bedanya dengan motor biasa, rupanya motor tersebut mengadopsi baterai lithium.

Seperti sebuah energi baru yang selaras dengan tema pameran, motor klasik yang menggunakan listrik ini menjadi suguhan di tengah ramainya peluncuran motor-motor listrik modern.

Vespa tua listrik yang sepenuhnya "minum" dari colokan listrik memang menjadi pertanda bahwa semakin banyak pihak yang sudah bersiap-siap akan era listrik.

Pada acara tahunan yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, tersebut, Vespa tua listrik itu dipajang dengan set perangkat ubahan yang sudah dijual paketan.

"Ini sudah siap pasang. Untuk rodanya sudah dibuat pas dengan ukuran Vespa," ujar salah seorang peserta pameran yang saat itu berada di gerai Elder Garage.

Elder Garage sebagai pegiat motor custom memang berada di balik suguhan motor klasik listrik satu ini. Mereka menjajakan paket konversi khusus Vespa klasik dengan dua pilihan paket. Ada "Speedster" dan "Duro".

Masing-masing untuk yang suka gaspol dan suka santai. Speedster sendiri mencakup motor elektrik Elettrico V2 dengan kecepatan maskimal 75-80 km/jam dan beterai lithium yang bisa dipakai hingga 75 km.

Adapun "Duro", tipe mesinnya memungkinkan kecepatan maksimal 50-55 km/jam dengan jarak tempuh sampai 45 km. Kehadiran paketan mesin listrik termasuk baterai ini menjadi sebuah solusi akan cara motor klasik bertahan di masa depan. Untuk harga, satu set perangkatnya sendiri yang termahal adalah Rp 25 jutaan.

Sumber: Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Wah, Vespa Edisi Justin Bieber Bakal Masuk Indonesia

Vespa
Perbesar
Wah, Vespa Edisi Justin Bieber Bakal Masuk Indonesia

Vespa mengumumkan model edisi khusus hasil kolaborasinya dengan Justin Bieber. Pengenalan Vespa x Justin Bieber ini dilakukan pada Senin (11/4/2022).

Pihak Vespa mengatakan kolaborasi ini bukan proyek dadakan. Dijelaskan jika mereka adalah merek yang mengeksplorasi kreativitas, merayakan gaya, desain dan bersenang-senang.

Sebelum menggandeng Justin Bieber, Vespa juga pernah meluncurkan produk yang bekerjasama dengan desainer sepatu kondang asal Amerika Serikat, Sean Wotherspoon.

Tak lain tak bukan, strategi sinergi dengan tokoh bintang seperti Justin Bieber atau Sean Wotherspoon adalah untuk meningkatkan eksposur merek motor itu sendiri. Mereka ingin lebih menangkap pasar dengan pendekatan lewat orang yang dikaguminya.

"Saya suka Vespa, dan bermitra dengan merek klasik seperti itu sangat keren. Mampu mengekspresikan diri, baik melalui seni, musik, visual, atau estetika. Ini mampu menciptakan sesuatu dari ketiadaan dan jadi bagian dari diri saya," kata Justin.

Sebelumnya Justin memang terpantau sebagai penyuka motor Vespa. Pada 2020, dia terlihat berkendara menggunakan Vespa Primavera Sean Wotherspoon di jalan sekitar Los Angeles, Amerika Serikat. Bisa jadi dari sinilah kolaborasi antara Vespa dan bintang pop tersebut dimulai.

Kolaborasi ini diterjemahkan melalui model Vespa Sprint berkelir putih. Semakin istimewa karena dibubuhi logo dan nama Justin di bagian bodi samping motor.

Kemudian ada pula decal menyerupai grafis api tepat di bawah logo nama penyanyi kondang ini, membuat visualnya semakin eksklusif.

Di pasar Amerika, Vespa x Justin Bieber dihadirkan dalam 3 opsi mesin yakni 50 cc, 125, dan 150 cc. Kabarnya motor ini juga akan mendarat di Indonesia, namun kemungkinan besar pilihan enjin yang akan dijual adalah 150 cc.

"Sabar, ditunggu saja tanggal mainnya," kata Public Relations & Communications Manager PT Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari, Selasa (12/4/2022).

Infografis Hilal Ramadhan (Liputan6.com/Deisy Rika)
Perbesar
Infografis Hilal Ramadhan
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya