Sukses

5 MPV Bekas Rp 100 Jutaan yang Siap Dipakai Mudik Lebaran 2022

Masyarakat Indonesia akhirnya bisa kembali menjalankan tradisi pulang ke kampung halaman atau mudik Lebaran 2022. Bagi Anda yang berencana mudik membawa kendaraan pribadi, belum telat untuk berburu mobil bekas.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia akhirnya bisa kembali menjalankan tradisi pulang ke kampung halaman atau mudik Lebaran 2022. Bagi Anda yang berencana mudik membawa kendaraan pribadi, belum telat untuk berburu mobil bekas.

Lantaran mudik kerap dikaitkan dengan membawa banyak barang, mobil yang ideal adalah MPV. Segmen mobil ini tergolong praktis dan cukup hemat bahan bakar, cocok untuk perjalanan jarak jauh.

Membeli mobil MPV juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Sebut saja sekitar Rp 100 jutaan sudah cukup untuk meminang mobil keluarga, meski dalam kondisi bekas.

Berikut 5 pilihan mobil keluarga dengan harga Rp 100 jutaan, cocok untuk dibawa mudik.

1. Toyota Avanza/Daihatsu Xenia

Pertama adalah duet kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Dikenal sebagai "mobil sejuta umat", kedua LMPV ini menjadi pilihan yang proporsional. Avanza dan Xenia terkenal sebagai mobil yang tangguh, irit bahan bakar, dan praktis. Bahkan mempunyai biaya servis yang murah.

Untuk harga Rp 100 jutaan, mayoritas Avanza yang bisa dipinang berada pada tahun produksi di bawah 2010 dan masih generasi pertama. Sedangkan Xenia generasi kedua sudah bisa dibeli dengan harga yang sama.

2. Toyota Kijang Innova

Berikutnya adalah Toyota Kijang Innova. Mobil ini pada dasarnya adalah Avanza yang lebih besar dan lebih nyaman. Toyota Innova juga dibekali mesin yang lebih bertenaga, mengingat pilihan mesin paling kecilnya dimulai dari 2.000cc. Lantas, meski lebih boros, MPV bongsor ini bisa melaju lebih cepat, cocok untuk melintasi jalanan tol.

Dengan budget sekitar Rp 100 jutaaan, pilihan Toyota Kijang Innova hanya terbatas pada generasi pertama pre-facelift tahun 2005 ke bawah dan bermesin bensin 2.000cc. Pilihan transmisi cukup bervariasi, yakni manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Nissan Livina

 

Mobil MPV selanjutnya adalah Nissan Livina. Berbeda dengan MPV pada umumnya, Nissan Livina mempunyai bodi yang lebih rendah. Meski kurang praktis dibanding para rival, bentuk bodi mobil ini membuat handling lebih stabil karena body roll berkurang.

Nissan Livina kerap dijual dengan harga di bawah Rp 100 juta, sekitar Rp 80-90 jutaan lebih tepatnya. Harga tersebut mencakup Livina tahun 2013 dan sebelumnya, dengn pilihan Livina biasa dengan kapasitas 5 penumpang atau Grand Livina yang bisa diisi 7 penumpang.

4. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga menjadi pilihan yang cocok bagi para peminang mobil keluarga dengan bantingan suspensi yang empuk. Mobil ini bisa dikatakan mempunyai rasa berkendara yang nyaman seperti Innova, namun menggunakan mesin 1.400cc seirit kepunyaan Avanza.

Meski jumlahnya cukup terbatas di pasar mobil bekas, mayoritas Ertiga dengan banderolan sekitar Rp 100 jutaan merupakan keluaran awal pre-facelift tahun 2013 dan sebelumnya, serta bertransmisi manual.

5. Daihatsu Sigra/Toyota Calya

Terakhir adalah duet kembar Toyota dan Daihatsu lainnya, yakni Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Kedua mobil 7 penumpang ini cukup mudah ditemukan dengan harga sekitar Rp 100 jutaan di berbagai situs jual beli mobil bekas.

Tidak hanya itu, kedua mobil ini dikategorikan sebagai Low Cost Green Car (LCGC). Berarti mobil ini disematkan mesin yang irit dan mudah perwatan, serta pajak tahunan yang lebih murah.

Kebanyakan Sigra dan Calya juga mempunyai tahun produksi muda.

Sumber: Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.