Sukses

Mudik Lebaran Pakai Motor, Jangan Lupa Bawa Toolkit

Hal lain yang tidak boleh terlupakan saat mudik menggunakan motor adalah membawa toolkit. Ini buat jaga-jaga jika motor mengalami kendala di jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Periode mudik Lebaran sudah di depan mata. Para calon pemudik pastinya sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya, salah satunya kendaraan.

Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, biasanya mulai mempersiapkan kesiapan tunggangannya dengan melakukan servis serta mengganti part-part vital, seperti ban ataupun ganti oli.

Tapi perlu diingat, mudik Lebaran umumnya menempuh jarak cukup jauh. Melintasi berbagai kondisi jalan dan berhadapan dengan kemacetan.

Oleh karenanya, kesiapan tubuh juga mesti diperhatikan. Dengan kondisi fisik yang prima membuat fokus dan emosi lebih terjaga. Meski demikian, obat-obatan pribadi tetap harus disiapkan pula untuk jaga-jaga.

Karena berkendara menggunakan motor lebih berisiko daripada mobil, maka sediakan catatan khusus yang berisi nomor kontak keluarga yang bisa dihubungi, termasuk kelengkapan identitas seperti SIM, KTP dan STNK.

Apabila apa yang disebutkan di atas telah dilakukan dan disiapkan, hal lain yang tidak boleh terlupakan adalah membawa toolkit. Ini buat jaga-jaga jika motor mengalami kendala di jalan.

"Saat mudik kami menyarankan untuk membawa toolkit yang mempunyai kualitas, aman dan terpercaya, karena jika menggunakan toolkit yang sembarangan malah bisa bikin baut slek atau dol yang pada akhirnya menambah masalah saat nanti dijalan," terang Novitasari, Brand Marketing Manager Tekiro dalam keterangan resminya, Rabu (20/4/2022).

Ada beberapa toolkit standar yang perlu dibawa seperti obeng, kunci busi, tang, kunci pas ring nomor 10mm, 12mm, 17mm, dan 19mm.

Toolkit tersebut sangat bermanfaat ketika motor mengalami masalah dan jauh dari bengkel sehingga bisa kita perbaiki sendiri seperti misalnya membetulkan rantai yang sering kendur atau bahkan putus.

"Untuk kondisi seperti ini kita memerlukan perkakas tang untuk menyambungkan lagi rantai yang putus kemudian kunci pas ring nomor 10mm, 12mm, 17mm dan 19mm untuk menyetel kerenggangan rantai," Novita menambahkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawa Perlengkapan Lain

Siapkan pula pelumas serbaguna seperti merek Rexco 50 yang bisa digunakan ketika mengalami masalah kelistrikan dimotor seperti mengatasi tombol sein yang tiba-tiba macet atau keras, klakson tidak bunyi atau tombol starter elektrik yang bermasalah, hingga membuka baut motor yang keras.

Terakhir, saat melakukan perjalanan mudik nanti sebaiknya barang bawaan yang dibawa tidak terlalu banyak agar tidak mengganggu kenyamanan berkendara dan istirahat setiap dua jam sekali untuk menjaga kondisi fisik.

Jangan lupa juga mengenakan riding gear yang nyaman mulai dari jaket, helm, pelindung sikut dan lutut, sepatu riding, hingga body protector.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.