Sukses

Tips Pasang Audio Mobil yang Aman, Cegah Terjadinya Korsleting

Mobil merupakan alat transportasi yang diidolakan oleh masyarakat Indonesia. Kenyamanan dan daya tampungnya menjadi daya tarik serta kelebihan jika dibandingkan dengan sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil merupakan alat transportasi yang diidolakan oleh masyarakat Indonesia. Kenyamanan dan daya tampungnya menjadi daya tarik serta kelebihan jika dibandingkan dengan sepeda motor.

Dalam interior mobil terdapat beberapa komponen yang bisa menghilangkan kebosanan selama perjalanan. Salah satunya adalah audio, komponen ini dapat digunakan untuk mendengarkan musik maupun radio. Sebelum digunakan, pastinya audio harus dipasang terlebih dahulu, dikutip dari laman resmi Daihatsu Indonesia, berikut cara memasang audio mobil.

Komponen Audio Mobil

Ketika akan memasang audio, sebaiknya Otolovers menyiapkan beberapa komponen yang dibutuhkan terlebih dahulu. Beberapa komponen ini berguna untuk memberikan kualitas suara yang terbaik. Beberapa jenis komponen tersebut terdiri dari head unit, speaker, x-over/crossover speaker, power amplifier, fuse box, kapasitor bank dan aki.

Beberapa komponen di atas memiliki fungsi yang cukup vital untuk memanjakan telinga pendengarnya. Namun, segelintir komponen tidak mesti digunakan, seperti kapasitor bank. Part yang satu ini umumnya berfungsi sebagai penyimpanan listrik dan menghadirkan suara yang besar. 

Cara Memasang Audio Mobil

Tahap awal yang perlu diperhatikan saat memasang audio mobil adalah menggunakan kabel yang tepat. Kabel ini berfungsi sebagai penyalur daya listrik pada setiap perangkat untuk menghadirkan suara yang berkualitas. Dalam hal ini, Otolovers perlu memotong dan menyambungkan kabel dengan rapi supaya tidak ada yang korsleting.

Lalu, masukkan sumber listrik yang diperoleh dari kepala aki positif dan negatif. Saat proses ini, Otolovers harus benar-benar menggunakan kabel yang tepat untuk menyambungkan speaker dengan aki. 

 * Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Power Amplifier

Tidak hanya itu, Otolovers juga dapat menyematkan power amplifier agar kinerja aki tidak terlalu berat. Kemudian menyambungkan amplifier dengan kabel speaker dan subwoofer. Sebagai catatan juga, penggunaan  kabel yang sesuai dengan kemampuan daya komponen ini sangat dibutuhkan. 

Jika telah terhubung, tutuplah kabel yang telah disambungkan menggunakan isolasi dengan rapi. Akan lebih baik jika menyediakan tempat dudukan baru yang melekat pada bodi mobil. Hal ini bertujuan agar speaker dan subwoofer tidak mudah lepas dan mobil terkena benturan.

Demikian, cara memasang audio mobil yang ditujukan bagi pemula. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.