Sukses

Cara Mengatasi Mobil yang Boros Bahan Bakar untuk Persiapan Mudik Lebaran

Salah satu moda transportasi yang akan digunakan masyarakat untuk mudik lebaran, pastinya mobil

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu moda transportasi yang akan digunakan masyarakat untuk mudik lebaran adalah mobil. Namun, dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pastinya akan menjadi masalah tersendiri, terlebih jika roda empat yang akan digunakan untuk menuju ke kampung halaman terbilang boros.

Mobil yang cenderung boros konsumsi bahan bakarnya bisa diatasi dengan mudah. Tapi, perlu diketahui terlebih dahulu masalahnya, agar penanganannya tepat.

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi mobil yang boros, adalah dengan memulai pengecekan ban, seperti dilansir laman resmi Auto2000, Senin (18/4/2022). Anda perlu keliling mobil dan perhatikan keempat ban mobilnya untuk mengetahui jika adanya ban yang kurang angin atau bahkan bocor.

Tentu saja jika ada satu ban yang bocor atau kurang angin dapat berdampak pada mobil jadi boros bensin. Apalagi ada lebih dari satu ban yang kurang angin, tentu akan sangat boros bahan bakar yang harus dikonsumsi mobil tersebut.

Maka dari itu, biasakan sebelum memulai aktifitas harian, cek keempat ban mobil Anda. Namun jika ada ban yang kurang angin dan kondisi ban tersebut sudah aus maka wajib hukumnya untuk segera diganti dengan yang baru.

Cara selanjutnya untuk mengatasi mobil boros adalah dengan cek oli mesin. Jika oli sudah terlalu encer atau sudah terlalu lama tidak diganti maka dapat berdampak pada borosnya konsumsi bahan bakar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengemudi Hemat

Sebab menurunnya kemampuan oli melumasi internal mesin maka gesekan yang terjadi akan kian tinggi.

Hal ini dapat memicu beratnya kerja mesin dan membutuhkan bahan bakar lebih namun tenaga yang dihasilkan tak optimal. Maka jangan pernah menunda untuk mengganti oli mesin mobil Anda demi menjaga efisiensi konsumsi bahan bakar.

Cara lain untuk mengatasi mobil yang boros, adalah menerapkan gaya mengemudi hemat bahan bakar sebagai salah satu langkah mengatasi mobil boros bensin. Sebab jika gaya mudi sebaliknya, tentu bahan bakar dapat terbuang percuma.

Namun pada dasarnya untuk menjaga agar konsumsi bahan bakar mobil Toyota selalu optimal dan efisien adalah dengan rutin service berkala

3 dari 3 halaman

Infografis Persiapan Mudik Lebaran 2022 Aman dan Nyaman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.