Sukses

Permintaan Masih Kecil, Daihatsu Belum Tertarik Main Mobil Listrik di Indonesia

T Astra Daihatsu Motor (ADM) hingga saat ini masih belum bergeming terkait pasar kendaraan listrik di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) hingga kini masih bergeming terkait pasar kendaraan listrik di Indonesia. Padahal, Toyota sebagai satu kakak tertua mereka sudah menghadirkan Innova listrik di gelaran IIMS 2022, dan memastikan untuk memulai produksi mobil hybrid di tahun ini.

Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra mengatakan, untuk menghadirkan mobil listrik di Indonesia harus dilihat dari permintaannya terlebih dahulu. Namun, saat ini, permintaan terkait mobil listrik di Tanah Air masih kecil.

"Kami lihat demand-nya masih kecil. Kenapa? Karena daya beli belum sampai untuk membeli baterai EV. Mobil-mobil yang laku di Indonesia itu di bawah Rp 200 juta atau naik-naiknya Rp 250 juta. Jadi, masih belum," tegas Amel saat ditemui di Sunter, beberapa waktu lalu.

Memang, saat ini mobil listrik yang paling murah di Indonesia dibanderol Rp 600 jutaan. Jika dilihat dari segmentasi kendaraan yang laris di pasar nasional, harga tersebut memang masih terlalu tinggi alias kemahalan.

Selain itu, dari deretan mobil listrik yang ditawarkan berbagai pabrikan, memang masih sangat terbatas. Artinya, belum semua segmen tersedia pilihan mobil listrik, seperti mobil keluarga atau MPV yang menjadi segmen terlari di Tanah Air.

Sementara itu, Daihatsu terkait keikutsertaannya di segmen kendaraan listrik akan mengikuti Toyota sebagai bagian dari grup otomotif asal Jepang.

"Daihatsu sebagai grup Toyota juga sudah mengirimkan insinyur untuk ke prinsipal. Jadi, belajarnya sama," pungkas Amel.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wajah Baru Daihatsu Sirion, Tampil Lebih Agresif dan Memesona

Daihatsu Sirionmemang masih kalah pamor dibanding hatchback lainnya di Indonesia. Namun, Sirion tetap memiliki penggemarnya sendiri, baik di Indonesia maupun luar negeri.

Contohnya saja di Malaysia. Dengan membawa brand Perodua Myvi, Sirion versi Malaysia kini malah tampil lebih agresif berbalut kosmetik sporty. Namanya pun berganti menjadi Perodua Myvi GearUp 2022. Sebenarnya ini bukan perubahan total dari pabrikan, melainkan body kit tambahan saja produksi GearUp yang disebut Ace.

Tambahan body kit ini menjangkau banyak lini, mulai dari bumper depan, side skirt, bumper belakang sampai spoiler. Lalu ada juga yang diperuntukkan bagi interior, terutama cover jok. Warnanya hitam dan pernak-pernik merah ditambah panel-panel fiber.

Daihatsu Sirion mengalami penyegaran terakhir pada Maret 2020. Berkat ubahan yang dialami, model ini menuai  respons positif dari konsumen Tanah Air.

Selain tampilannya yang lebih stylish, salah satu citycar andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) itu juga lebih sporty berkat aero kit baru, didukung oleh beragam fitur modern yang melimpah, semakin memudahkan dan meningkatkan sensasi berkendara yang menyenangkan.

Pada sisi interior, Daihatsu Sirion memiliki kabin yang luas, sehingga berkendara pun menjadi lebih nyaman, serta ruang kepala dan ruang kaki Sirion terasa luas baik untuk penumpang di baris pertama, maupun baris kedua. Hal ini tentunya memberikan kenyamanan dan kelegaan kepada penumpang dan pengendara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Daihatsu