Sukses

Ini Fungsi Spul dan Cara Kerjanya Pada Motor

Spul menjadi salah satu komponen penunjang sistem kelistrikan pada sepeda motor. Komponen tersebut memfasilitasi seluruh kebutuhan sistem kelistrikan

Liputan6.com, Jakarta - Spul menjadi salah satu komponen penunjang sistem kelistrikan pada sepeda motor. Komponen tersebut memfasilitasi seluruh kebutuhan sistem kelistrikan.

Oleh sebab itu, komponen yang satu ini sangat vital. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah fungsi spul motor yang dapat Otolovers ketahui.

Sejatinya, komponen spul ini memiliki bentuk berupa kawat tembaga yang memiliki inti batang karbon. Namun, kawat tersebut memiliki jumlah lilitan yang berbeda antara spul satu dan lainnya. 

Selain itu, Otolovers juga tak bisa sembarangan menghitung lilitan kawatnya, hal ini dikarenakan lilitan tersebut mempengaruhi besar kecilnya tegangan listrik. Karena semakin banyak jumlah lilitannya maka semakin besar pula tegangannya, begitu pula dengan sebaliknya.

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa fungsi sebenarnya dari spul adalah penghasil tenaga listrik, sehingga dengan adanya komponen ini membantu kelistrikan sepeda motor seperti klakson, bel, dan lampu sein  dapat beroperasi. 

Di dalam spul terdapat tenaga listrik yang dihasilkan dari kumparan kawat tembaga. Dari proses ini akan menghasilkan aliran listrik yang masih dalam bentuk tegangan bolak balik. Agar arus tersebut dapat digunakan harus diubah dulu menjadi searah. 

Arus yang searah bertujuan agar komponen ini berfungsi, maka di kondisi ini komponen kiprok dibutuhkan karena bertujuan mengalirkan arus listrik menuju aki ketika tegangan sudah searah. 

Demikian, fungsi spul motor yang dapat Otolovers ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi Otolovers semuanya.

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Sistem Kelistrikan Mobil agar Aman dan Nyaman Berkendara Selama Musim Hujan

Dijelaskan pereli nasional yang juga brand ambassador PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Rifat Sungkar, hujan atau air merupakan musuh alami dari listrik.

"Sistem kelistrikan ini, menjadi yang paling ringkih (air hujan). Tolong hal ini perlu diperhatikan (pemilik mobil)," jelas Rifat dalam diskusi secara virtual, belum lama ini.

Sementara itu, jika sistem kelistrikan terjadi masalah, hal tersebut adalah gangguan dari dalam. Pasalnya, jika sudah begitu, terlihat dari luar memang baik-baik saja, tapi di dalam bermasalah.

"Jangan sampai hal ini terjadi, gangguan kelistrikan itu masalah dalam. Walaupun kelihatannya kendaraan tidak rusak dan baik-baik saja, sistem kelistrikan ini penting banget agar bisa memaksimalkan kendaraan dan berjalan dengan baik," tegasnya.

Sementara itu, suami dari Sissy Priscillia juga menjelaskan lebih detail jika sistem kelistrikan itu terdapat beberapa jenis. Paling umum, adalah sistem kelistrikan di bodi seperti lampu, klakson, AC, Power Window. Kemudian, adalah juga sistem kelistrikan mesin, seperti starter, pengapian, dan injeksi BBM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.