Sukses

Penjualan Mobil Maret 2022 Sudah Kembali Normal Seperti Sebelum Pandemi

Angka penjualan kendaraan bermotor kendaraan bermotor roda empat di Indonesia, pada maret 2022 berhasil menembus angka yang cukup besar

Liputan6.com, Jakarta - Angka penjualan kendaraan bermotor kendaraan bermotor roda empat atau mobil di Indonesia, pada Maret 2022 berhasil menembus angka yang cukup besar. Bahkan, jumlah tersebut menjadi tertinggi dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Berdasarkan data yang diberikan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesale Maret 2022, mencapai 98.524 unit. Sementara angka penjualan retail sepanjang bulan yang sama mencapai 89.811 unit.

Angka penjualan wholesale dan retail tersebut telah mencapai angka penjualan industri otomotif Indonesia pada kondisi normal, sebelum pandemi.

Atas pencapaian tersebut, Gaikindo menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah Republik Indonesia, khususnya kepada Kementerian Perindustrian atas dukungan luar biasa lewat berbagai kebijakan yang mendorong bangkitnya industri otomotif Indonesia.

Kebijakan Kementerian Perindustrian RI untuk industri otomotif Indonesia, relaksasi PPnBM DTP telah berhasil membangun gairah pasar dan mendorong tingginya permintaan. Kebijakan tersebut juga menggerakkan kembali UKM industri pendukung otomotif, sehingga secara keseluruhan kebijakan relaksasi PPnBM DTP telah mampu menggerakaan ekosistem seluruh lini industri otomotif Indonesia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenaikan Penjualan

Pada 2021 tercatat kenaikan penjualan domestik sebesar 68 persen, dan dengan hasil penjualan pada Maret 2022, pencapaian Kuartal pertama 2022 yang mencapai 263.810 unit juga kembali mencatatkan kenaikan sebesar 41,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama ditahun sebelumnya.

"Hasil penjualan kendaraan pada Maret yang berhasil mencapai lebih dari 98 ribu unit, yang berhasil menyamai angka pencapaian pada kondisi normal, adalah buah dari dukungan dan arahan yang diberikan Pemerintah," ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.