Sukses

Kunci Motor Macet Tak Bisa Diputar, Ini yang Harus Anda Lakukan

Kunci motor yang mendadak macet atau tidak bisa diputar tentu bisa membuat Anda kesal sekaligus panik. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya lubang kunci yang mulai kotor.

Liputan6.com, Jakarta Kunci motor yang mendadak macet atau tidak bisa diputar tentu bisa membuat Anda kesal sekaligus panik. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya lubang kunci yang mulai kotor. 

Masalah ini sebenarnya dapat diatasi tanpa harus pergi ke bengkel. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi saat kunci motor tidak dapat diputar.

1. Menekan dan Memutar

Untuk mengatasi masalah ini, hal pertama yang dapat dilakukan adalah menekan kunci dengan diiringi memutar setir ke kiri dan ke kanan. Proses ini bertujuan untuk mencari celah agar kunci bisa bergerak. Ketika melakukan, Otolovers disarankan memutar kunci dengan kuat dan menggoyangkan setir.

 2. Pelumas Besi

Cara kedua adalah dengan membersihkan dan melumasi silinder kunci. Pembersihan ini dapat menggunakan cairan pembersih kontak elektrik yang disemprotkan dengan takaran secukupnya. Kemudian dilanjutkan dengan meneteskan cairan grafit untuk melumasinya. Saat menggunakan cairan ini, Otolovers perlu berhati-hati agar tidak mengotori area sekitar. 

3. Posisi Kunci Salah

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan saat kunci tidak bisa diputar adalah dengan tidak tergesa-gesa saat memasukkan kunci ke dalam lobang. Hal ini dikarenakan dalam beberapa jenis silinder kunci, sehingga posisi selongsong juga akan terkunci yang mengakibatkan pernya tidak mampu mendorong kembali untuk melepaskan selongsong dari kuncian. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Kunci Bengkok

Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa anak kunci. Letakkan kunci di area yang datar untuk mengetahui keadaan kunci datar sempurna atau ada bagian yang bengkok. Apabila keadaan kunci bengkok, sesegera mungkin menuju ahli kunci untuk memperbaiki atau membuat kunci yang baru. 

Demikian cara yang dapat Otolovers lakukan untuk mengatasi kunci motor tidak bisa diputar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Otolovers semuanya. 

Penulis: (Dien Muhammad Abizard)

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.