Honda Civic Type R Pecahkan Rekor Putaran Tercepat di Sirkuit Suzuka

Oleh Arief Aszhari pada 07 Apr 2022, 20:35 WIB
Diperbarui 07 Apr 2022, 20:35 WIB
Honda Civic Type R Pecahkan Rekor Putaran Tercepat di Sirkuit Suzuka (Ist)
Perbesar
Honda Civic Type R Pecahkan Rekor Putaran Tercepat di Sirkuit Suzuka (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Honda Civic Type R hanya tinggal menunggu waktu untuk melakukan debut internasionalnya. Sebelum itu, model legendaris ini, memecahkan rekor putaran tercepat untuk kategori mobil penggerak roda depan di sirkuit internasional Suzuka, Jepang dengan membukukan catatan waktu 2 menit 23 detik.

Hasil tersebut didapatkan dari hasil pengujian final yang dilakukan Honda untuk generasi terbaru Honda Civic Type R ini pada Maret 2022 lalu.

Catatan waktu tersebut sekaligus mematahkan rekor sebelumnya, yang ditorehkan oleh model Honda Honda Civic Type R Limited Edition keluaran 2021.

All new Honda Civic Type R generasi terbaru (generasi keenam) ini menggunakan kode sasis anyar, yaitu FL All New Honda Civic Type R generasi terbaruakan menggunakan basis dari All New Honda Civic generasi kesebelas.

Sementara itu, model ini sebelumnya tampil untuk pertama kalinya di dunia dalam versi prototipe pada ajang Tokyo Auto Salon yang berlangsung pada 14 hingga 16 Januari 2022 lalu.

All New Honda Civic Type R generasi terbaru versi prototipe tampil dalam balutan stiker kamuflase dengan logo R yang menutupi seluruh lekuk bagian bodi mobil.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Raih Waktu Tercepat di The Bend Australia

HONDA CIVIC TYPE R Cetak Rekor di The Bend Australia
Perbesar
HONDA CIVIC TYPE R Cetak Rekor di The Bend Australia

Honda Australia berhasil mencetak rekor putaran terbaru untuk penggerak roda depan di The Bend Motorsport Park (The Bend) menggunakan Civic Type R Limited Edition. Waktu tempuhnya adalah 2 menit 12,260 detik, lebih cepat 2 detik dari sebelumnya.

Mobil ini dikendarai oleh Tony D'Alberto sebagai mantan pemenang Super2 dan Australian GT Endurance, serta runner-up TCR Australia Series 2019. Hal ini bukan pertama kalinya ia bersama dengan Type R memecahkan rekor lap, karena sebelumnya pada akhir tahun 2019 lalu, ia telah berhasil mencatat rekor putaran yaitu 2 menit 14,316 detik dengan mobil Racing Blue.

Honda Australia Director, Stephen Collins mengatakan, “Kami sangat ingin memiliki kesempatan melakukan hal ini sebagai perpisahan yang pas untuk generasi Civic Type R. Seri FK8 Civic Type R sudah menjadi mobil yang luar biasa, terbukti sangat populer di kalangan publik, memenangkan banyak penghargaan dan membuat rekor putaran di seluruh dunia sejak diluncurkan pada tahun 2017.”

“Pembaruan model pada tahun 2020 membuat mobil ini menjadi lebih baik, dengan suspensi, rem, dan pendinginan mesin memastikan Civic Type R terus memberikan pengalaman berkendara yang paling memuaskan,” tambah Collins.


Mejeng di Tokyo Auto Salon 2022

Prototipe all new Honda Civic Type R (Ist)
Perbesar
Prototipe all new Honda Civic Type R (Ist)

Honda untuk pertama kalinya di dunia, memperkenalkan prototipe all new Civic Type R di ajang Tokyo Auto Salon (TAS) pada 14 sampai 16 Januari 2022 di Makuhari Messe, Chiba, Jepang.

Dengan menggunakan kamuflase khusus yang dirancang untuk Type R, mobil prototipe ini juga akan ditampilkan dalam sebuah video yang akan memperlihatkan proses test drive di belakang layar dengan para insinyur Honda yang mengembangkan Type R.

Sebelumnya, Honda telah melakukan pengujian atau test drive untuk mobil ini di Sirkuit Suzuka. Selanjutnya, Honda berencana untuk meluncurkan Civic Type R dengan performa terbaiknya secara resmi tahun depan.

Di dalam booth-nya, Honda akan tampil dengan tiga tema yakni e: HEV, N series, dan Sport Model.

Dengan tema e:HEV di area hybrid 2-motor, Honda kan menampilkan model Step WGN e: HEV Spada Concept (Step WGN), mobil yang dikustomisasi berdasarkan New Step WGN yang akan diluncurkan secara perdana di Jepang pada 7 Januari mendatang.

Selain itu, Honda Vezel e: HEV Modulo X Concept, yang dijadwalkan dirilis tahun depan juga akan dipamerkan. Model ini sedang dalam pengembangan dengan penyempurnaan lebih lanjut dari model dasarnya, seperti mengadopsi suku cadang aero yang menggabungkan konsep desain aerodinamis yang efektif serta pengaturan khusus untuk suspensi. 


Masih Berkamuflase

Honda Civic Type R
Perbesar
Honda Civic Type R terbaru tengah uji jalan. (Carscoops)

Honda Civic Type R model year 2023 mulai berani menampakan diri. Meski berbalut kamuflase, setidaknya  perawakannya bisa dibayangkan.   

Type R merupakan versi terkencang Honda Civic. Setiap model Honda Civic dari beberapa generasi terakhir selalu disertakan versi Type R. Hal itu tidak terkecuali untuk Civic generasi sekarang, yang telah meluncur beberapa bulan lalu.

Dan Civic Type R terbaru kini telah dipastikan akan tetap ada, dengan munculnya sejumlah teaser resmi dari Honda sendiri.

Honda berencana meluncurkan Civic Type R terbaru pada tahun depan, yang wujudnya dipamerkan lewat teaser kali ini. Seperti tradisi Type R setidaknya sejak generasi terakhir, Civic Type R tampil lebih agresif ala mobil balap, lewat bodykit yang sangat sporty.

Meski ditutupi kamuflase merah di sekujur body, lekuk body dan tambahan aero kit baru Civic Type R jelas terlihat.

Bumper depan dengan intake besar menjadi wajah Type R terbaru, yang ekspresinya lebih kalem dibandingkan generasi pendahulu.

Memang kalau dilihat secara keseluruhan desain Civic generasi baru ini tidak memainkan garis-garis maupun lekuk body yang agresif lagi.

Namun tampang Type R baru tetap memiliki karakter sporty, terutama dengan dipasangnya sayap besar di belakang. Pelek berdesain palang sepuluh yang ramping juga memperkuat tampilannya.

Fender depan dan belakang juga tampak melebar dibandingkan Civic standar, untuk mengakomodasi velg yang pastinya punya tapak lebih lebar.

Type R kembali dibuat berbasis pada Civic Hatchback, yang bisa dilihat dari garis atapnya yang masih cukup tinggi di bagian belakang. Bumper belakang tampak punya aksen ala diffuser di bagian bawah, dihiasi oleh tiga pipa knalpot khas Civic Type R.

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Perbesar
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya