Sukses

Persiapan Cuti Bersama Lebaran 2022, Jangan Lupa Servis Pertama 1.000 Km

Keputusan cuti bersama Lebaran 2022 itu disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring di laman Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (6/4/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia telah mengumumkan hari Libur Nasional untuk perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah dan cuti bersama. Keputusan cuti bersama Lebaran 2022 itu disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring di laman Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (6/4/2022). 

"Pemerintah telah menetapkan Libur Nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022. Juga menetapkan cuti bersama Idul fitri yaitu pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022," kata Jokowi.

Seiring dengan pengumuman tersebut, tentu diperlukan persiapan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Bahkan mobil baru sekalipun perlu melakukan  servis perdana pada 1.000 kilometer pertama. 

Dikutip dari keterangan tertulis Auto2000, penetapan batas maksimal servis berkala pertama itu dibuat karena pertimbangan teknis. Servis berkala dilakukan untuk memastikan bagian-bagian mobil berfungsi optimal.

Selain berdasarkan jarak, pemeriksaan juga dilakukan dengan ukuran waktu yaitu satu bulan dari penyerahan.

Alasan servis berkala dilakukan pada jarak tempuh itu juga sebagai bagian dari deteksi dini kondisi mobil. Dengan cara ini diharapkan kerusakan, bila ada,  tidak bertambah besar dan menjalar ke komponen lainnya.

Kerusakan bisa langsung diperbaiki dan pemilik kendaraan terhindar dari pengeluaran biaya perbaikan yang besar.

Yang tidak kalah penting, servis berkala 1.000 km merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama garansi adalah servis berkala secara rutin di bengkel resmi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagian yang Diperiksa

Saat servis berkala satu bulan pertama, dilakukan pemeriksaan secara detail seluruh komponen bergerak di mobil.

Bagian pertama yang dicek meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC, lampu interior, seatbelt, dan head unit.

Setelah itu, pengecekan dilanjutkan ke bagian eksterior, meliputi bodi, pintu, dan fungsi penunjang seperti lampu mobil dan wiper.

Berlanjut ke bagian mesin, petugas akan menjalankan pemeriksaan oli mesin dan kondisi fan belt.

Petugas bengkel juga akan mengecek volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya, dan pengecekan fungsi mesin secara umum serta sistem penggerak dan bagian sasis kendaraan.

3 dari 3 halaman

Tetap Prima

Manfaat pengecekan tersebut sangat terasa mengingat saat ini sedang musim hujan dengan cuaca yang tidak menentu sehingga mobil selalu dalam kondisi prima dan mengurangi kekhawatiran timbul masalah teknis.

Jika terdeteksi ada kerusakan, petugas akan segera melakukan penggantian spare parts secara gratis. Untuk mobil Toyota, Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, mengatakan komponen yang dijamin oleh garansi Toyota dan bukan kerusakaan akibat salah perlakuan, bisa diganti secara gratis saat servis 1000 km.

“Servis berkala satu bulan atau 1.000 km pertama memiliki fungsi yang sangat penting untuk memeriksa dan memastikan kondisi mobil Toyota milik AutoFamily selalu dalam kondisi prima mulai dari awal penggunaan. Semakin penting lantaran saat ini sedang musim hujan sehingga mobil dituntut agar selalu siap dalam segala kondisi jalan,” kata Nur.

Sumber: Dream.co.id  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.