Waspada, Kenali Tanda-Tanda Cairan Radiator Mobil Berkurang

Oleh Liputan6.com pada 06 Apr 2022, 10:01 WIB
Diperbarui 06 Apr 2022, 10:01 WIB
Fungsi air radiator
Perbesar
Fungsi air radiator (Federal Oil)

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum melakukan perjalanan jauh, Anda sebaiknya mengecek berbagai komponen mobil. Salah satu yang harus rutin diperiksa adalah air radiator.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu hal yang akan terjadi jika air radiator tidak di cek adalah suhu mobil mesin yang akan meningkat.

Namun Otolovers jangan merasa khawatir, karena artikel di bawah ini akan membahas mengenai tanda-tanda ketika air radiator akan habis. Dikutip dari beberapa sumber, berikut tanda air radiator habis.

Indikator Kendaraan Akan Berwarna Merah

Apabila suhu mesin normal, posisi jarum akan berada di tengah, namun ketika air radiator habis maka indikator jarum akan bergeser ke arah warna merah. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya pendingin untuk lebih menstabilkan suhu dari seluruh mesin. Jika mesin semakin panas, maka indikator akan semakin menuju merah. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


AC Mobil Kurang Dingin

Ciri kedua adalah saat AC terasa tidak dingin lagi, karena secara otomatis putaran kompresor AC akan diberhentikan oleh mesin agar mengurangi beban. Akan tetapi kejadian ini tidak dialami oleh semua mobil, hanya beberapa saja.

Suara Mesin Menjadi Kasar dan Ngelitik

Suara mesin yang menjadi kasar secara tiba-tiba juga menjadi penanda bahwa air radiator akan habis. Hal ini disebabkan karena kondisi mesin yang overheat dan ngelitik akan mempengaruhi sistem pembakaran dalam ruang mesin. Alhasil proses pembakaran menjadi tidak maksimal. 

Mesin Tidak Menghasilkan Tenaga

Akibat mesin yang ngelitik mengakibatkan kurangnya tenaga yang mumpuni, sehingga mobil akan terasa berat untuk melaju. Selain itu akselerasi akan kurang maksimal dan performa mobil akan mengalami penurunan. 

Adanya Uap Air Pada Kap Mesin

Munculnya uap air pada kap mesin menjadi penanda air radiator habis akibat sistem pendingin mengalami kebocoran. Kondisi ini disebabkan oleh selang radiator mengalami kepecahan, uap air terjadi ketika mesin terlalu panas, apabila dibiarkan maka mesin akan rusak secara keseluruhan.

Demikian, cara mengetahui air radiator mobil habis, sehingga dengan adanya artikel ini diharapkan Otolovers dapat mengantisipasi agar mesin mobil tidak mengalami rusak total.  

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com


Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya