Mobil dan Truk Metanol-Listrik Buatan Geely Mulai Uji Jalan di Denmark

Oleh Liputan6.com pada 29 Mar 2022, 13:48 WIB
Diperbarui 29 Mar 2022, 13:49 WIB
Uji jalan mobil Geely, kendaraan metanol-listrik
Perbesar
Menteri Transportasi Denmark Trine Bramsen (kiri) ambil bagian dalam uji jalan mobil Geely, kendaraan metanol-listrik di Pelabuhan Aalborg. (Xinhua/ Lin Jing)

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan berbahan bakar metanol-listrik (e-methanol) dari perusahaan otomotif China, Geely, mulai melakukan uji jalan di Pelabuhan Aalborg di Denmark pada Senin 28 Maret. Kendaraan yang diuji adalah dua sedan dan heavy truck.

Kendaraan ramah lingkungan tersebut dijalankan menggunakan e-methanol yang dihasilkan oleh solusi Power to X (PtX), bahan bakar yang berkelanjutan, bebas karbon, dan terbarukan. Denmark ingin mempromosikan bahan bakar jenis ini karena e-methanol memberikan solusi untuk menyimpan kelebihan energi terbarukan dan menstabilkan jaringan listrik di negara tersebut.

Menteri Transportasi Denmark Trine Bramsen, yang ambil bagian dalam uji jalan kendaraan-kendaraan itu menyerukan lebih banyak dukungan bagi teknologi-teknologi ini. "Ini bukan tentang satu negara saja, ini tentang masa depan seluruh dunia," kata Bramsen kepada Xinhua, dikutip Selasa (29/3/2022).

"Jadi saya kira penting bagi kita memiliki kerja sama yang kuat dan berbagi ilmu di bidang ini. Ini bukan tentang diri kita sendiri, ini tentang anak dan cucu kita semua."

Sementara itu, Geely mengatakan bahwa tujuan dari kolaborasinya dengan Denmark adalah untuk mempromosikan metanol-listrik ramah lingkungan dan mobilitas hijau di Eropa.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Infrastruktur yang Solid

Heavy truck M100 pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar metanol-listrik
Perbesar
Heavy truck M100 pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar metanol-listrik memulai uji jalan di Pelabuhan Aalborg, Denmark. (Xinhua/ Lin Jing)

Pelabuhan Aalborg siap menginvestasikan dana sebesar 2 miliar kroner Denmark (1 kroner Denmark = Rp 2.123) atau setara 300 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp 14.341) di bidang transportasi hijau, kata Lasse Frimand Jensen, chairman pelabuhan itu.

Baru-baru ini, pemerintah Denmark mengumumkan kesepakatan terkait produksi energi Power-to-X yang meliputi sebuah tender pemerintah senilai 1,25 miliar kroner Denmark atau setara 184 juta dolar AS.

Denmark merupakan negara terdepan dalam hal produksi tenaga angin dan surya terbarukan. Namun, tantangan yang dihadirkan oleh energi semacam itu adalah ketergantungannya terhadap cuaca.

Penggunaan metanol ramah lingkungan untuk pengiriman komersial sudah diprakarsai oleh raksasa pengiriman Denmark Maersk. Denmark juga telah membangun infrastruktur yang solid untuk produksi, penyimpanan, dan pengangkutan bahan bakar metanol. 


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Perbesar
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya