Sukses

Honda ADV150 Ini Disulap Jadi Motor Damkar

Agus Ficdiyanto yang mengubah tampilan Honda ADV150 menjadi motor Damkar

Liputan6.com, Jakarta - Ide dari seorang modifikator memang tanpa batas. Mulai dari konsep ekstrim hingga sederhana bisa dilakukan, termasuk membuat motor yang memiliki fungsi cukup penting, seperti kendaraan pemadam kebakaran (damkar).

Hal tersebut, dibuktikan oleh salah satu modifikator asal Surabaya, Agus Ficdiyanto yang mengubah tampilan Honda ADV150 menjadi motor Damkar. Karyanya tersebut, merupakan salah satu dari tiga modifikasi di gelaran Honda Dream Ride Project (HDRP).

Honda ADV150 dengan konsep Motorrescue dan diberi nama Wisang Geni ini, terinspirasi dari berbagai kebakaran yang terjadi di Surabaya.

Namun, dengan banyak jalan kecil di kota Pahlawan tersebut, banyak kasus mobil damkar yang tidak bisa menembus hingga tempat kejadian kebakaran.

 

Jadi, jika ada motor damkar, tentunya bisa sangat membantu petugas untuk memadamkan si jago merah di sebuah tempat yang sulit ditembus oleh mobil damkar.

"Secara visual, masih motor adventure. Jadi, tahan banting untuk masuk ke jalan kecil di kota Surabaya. Semuanya benar-benar berfungsi,: jelas Agus kepada Liputan6.com, saat ditemui di Yogyakarta, belum lama ini.

Proses modifikasinya sendiri, Agus dibantu atau dimentori oleh Toshiyuki Osawa dari Cheetah Custom Cycles. Bahkan, untuk berbagai peralatan yang digunakan dan ditambahkan di motor damkar ini, mengikuti standar dari petugas pemadam kebakaran.

Di bodi samping Honda ADC150 ini, Agus membuat tambahan bodi untuk membawa dua APAR yang dikustom dari bahan galvanis. Selain itu, di jok belakang juga terdapat selang pemadam api yang bisa digulung, sirine, dan juga untuk melindungi motor dari tabrakan saat bertugas, modifikator membuat rise bar yang menutupi sekeliling depan motor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi

Paling menarik, adanya tambahan trailer, yang digunakan untuk membawa pompa air. Jadi, ketika ada kebakaran, maka bisa mengambil air dari sumber terdekat kebakaran.

Trailer ini, dibuat secara kustom, dengan pengait yang terhubung ke swing arm. Sedangkan di kokpit, dilengkapi juga dengan hand guard serta penghangat setang.

Spesifikasi modifikasi Wisang Geni:

Body : Original ADV150

Frame : Original ADV150 FR Tire : 90/90-14” Michelin Anake Str

RR Tire : 110/80-14” Michelin Anake Str

Wheels : FR 250 x 14” – RR 350 x 14”

FR/RR/Trailer Hub : Custom After Market

Head Lamp : Original ADV150 & Custom Sein

Stop Lamp : Original ADV150 & Custom Sein

FR Suspension : Original ADV150 & Cover After Market

RR Suspension : Original ADV150 & Cover Custom

Backmirror : After Market

Air Filter : Original ADV150

Floor Panel : After MArket

Side Panel Protector : After Market

Panel Meter : Original ADV150

Hand Grip Heaters : After MArket

Disk Plate : Original ADV150 & Cover After Market

Seat : Custom MBtech

Exhaust System : Custom Silincer & Pipe Stainless

Windshield : After Market

 

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.