Toyota Veloz Ikut Uji Tabrak Berstandar Internasional, Berapa Skornya?

Oleh Liputan6.com pada 26 Mar 2022, 06:01 WIB
Diperbarui 26 Mar 2022, 06:01 WIB
Ilustrasi uji tabrak Toyota Veloz
Perbesar
Ilustrasi uji tabrak Toyota Veloz (YouTube/ASEAN NCAP)

Liputan6.com, Jakarta - Uji tabrak kerap dilakukan untuk mengetahui kemampuan sebuah mobil melindungi penumpang dari kecelakaan. Selain pengujian internal, tes ini pun dilakukan oleh lembaga-lembaga independen dan profesional. Hasilnya, tes tabrak kerap menjadi rujukan bagi konsumen dalam memilih sebuah mobil.

Salah satu kendaraan yang belum lama ini dites adalah Toyota Veloz. LMPV 7 penumpang Toyota ini telah diuji tabrak oleh ASEAN New Car Assestment Program (NCAP).

Pengetesan oleh ASEAN NCAP mencakup keselamatan orang dewasa (Adult Occupant), keselamatan anak-anak (Child Occupant), peranti keselamatan (Safety Assist), dan keselamatan pengendara motor (Motorcyclist Assist).

Secara total, Toyota Veloz mencatat poin 79.99, cukup sebagai mobil dengan tingkat keselamatan bintang 5. Yang menarik, unit yang dites adalah Veloz varian Indonesia dengan dua airbags di depan. Sementara mobil ini dijual dengan 6 airbags secara standar di luar Indonesia.

Selain itu, teknologi Toyota Safety Sense yang mencakup Auto Emergency Braking, Blind Spot Detection, Forward Collision Warning, Lane Departure Warning dan Lane Keep Assist juga diuji pada segmen Safety Assist. Kendati jumlah airbags tidak lengkap, Toyota Veloz tetap meraih bintang 5 untuk tingkat keselamatannya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Nilai Memuaskan

Mengutip siaran resmi ASEAN NCAP, Toyota Veloz mendapatkan nilai baik untuk keamanan di bagian kepala dan kaki pengemudi dan penumpang. Namun bagian dada, tingkat keselamatan dalam kategori "cukup".

"Hasil tes menunjukkan tingkat keamanan yang cukup untuk bagian dada, sedangkan bagian paha ke bawah mendapatkan keamanan yang baik. Bagian kompartemen depan tetap stabil saat uji tabrak depan offset," tulis ASEAN NCAP dalam keterangan resminya.

Tingkat keselamatan Adult Occupant (AOP) mencapai angka 27.90 dari poin maksimal 32. Lalu hasil tingkat keselamatan Child Occupant (COP) berada di 43.78 dari total maksimal 51.

Sementara pada bagian keselamatan Safety Assist (SA) Veloz mendapatkan nilai 16.83 dari 21. Lalu tingkat keselamatan Motorcyclist Assist (MS) mencapai 9.53 dari 16. Poin keseluruhan Toyota Veloz menjadi 79.99.

"Toyota Veloz terbaru tampil baik dalam uji tabrak dengan total nilai mencapai 79.99 dari kategori AOP, COP, SA, dan MS. Nilai itu cukup bagi MPV ini mendapatkan nilai bintang 5 untuk rating ASEAN NCAP," sebut ASEAN NCAP.

Sumber: Otosia.com

 


Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya