Sukses

Survei BMW: 8 dari 10 Pengemudi Indonesia Ingin Lebih Banyak Kendaraan Listrik di Jalan

Pengemudi di Indonesia sebanyak 37 persen juga akan mempertimbangkan untuk membeli mobil listrik hybrid atau mobil listrik penuh.

Liputan6.com, Jakarta Survei yang dilakukan BMW Group Asia mengungkap, 83 persen atau 8 dari 10 pengemudi di Indonesia mengatakan mereka menginginkan lebih banyak kendaraan listrik (EV) di jalan. Alasannya agar dapat hidup di dunia yang lebih sadar lingkungan.

Selain itu, pengemudi di Indonesia sebanyak 37 persen juga akan mempertimbangkan untuk membeli mobil listrik hybrid atau mobil listrik penuh ketika mereka akan membeli kendaraan.

President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan mengatakan hasil survei ini menunjukkan bahwa pengemudi Indonesia semakin sadar dengan keuntungan memiliki mobil listrik dan menilainya menjadi pintu gerbang menuju pengalaman berkendara yang lebih premium.

Meski preferensi bergeser ke arah kendaraan yang lebih ramah lingkungan, namun perusahaan menilai bahwa pemahaman tentang kendaraan listrik masih kurang. Hal tersebut merujuk pada survei yang menyebutkan sebanyak 40 persen pengemudi Indonesia mengira mobil listrik hanya bisa menempuh jarak hingga 100 km sebelum perlu diisi ulang. Oleh sebab itu, edukasi untuk meningkatkan kesadaran mengenai mobil listrik perlu dilakukan, menurut perusahaan.

"Survei menunjukkan bahwa pengemudi Indonesia sadar mengenai proses menuju go-green tetapi masih ada kebimbangan bagaimana hal ini akan berdampak pada kehidupan sehari-hari, serta bagaimana memastikan kendaraan tetap pada tingkat performa puncak selama bertahun-tahun," kata Ramesh melalui keterangan resminya, Kamis (24/3/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penghematan Biaya

Terlepas dari itu, sebanyak 59 persen responden menyadari bahwa berkontribusi atas pengurangan emisi karbon menjadi manfaat utama saat memiliki mobil listrik. Responden juga menyebut manfaat lain seperti penghematan biaya dari penggunaan listrik daripada bensin (41 persen) dan pengalaman berkendara yang lebih baik (37 persen).

BMW menilai kunci keberhasilan peralihan dari mobil konvensional ke listrik bergantung pada tingkat dukungan yang diperoleh pengemudi, baik dari merek EV maupun pemerintah dalam bentuk insentif keuangan dengan 93 persen responden mengatakan bahwa pusat layanan purna jual sangat penting bagi mereka.

Tingkat ketersediaan infrastruktur yang dapat diakses juga menjadi faktor pendorong peralihan tersebut. Akses ke stasiun pengisian daya yang dapat diakses secara luas menjadi motivasi penting untuk mempertimbangkan membeli mobil listrik, menurut 26 responden dalam survei.

Ramesh mengatakan kesadaran yang lebih luas mengenai kemampuan mobil listrik untuk mengisi daya secara cepat serta jangkauannya akan memainkan peran penting untuk membuat pengemudi Indonesia merasa nyaman beralih ke kendaraan listrik dalam beberapa tahun ke depan.

"Kebutuhan infrastruktur, seperti ketersediaan stasiun pengisian umum di lokasi strategis, juga sangat penting," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • BMW

Video Terkini