Punya Fungsi Penting, Begini Cara Merawat Knalpot Motor yang Benar

Oleh Arief Aszhari pada 24 Mar 2022, 18:06 WIB
Diperbarui 24 Mar 2022, 18:06 WIB
Knalpot Remus Yamaha NMax
Perbesar
Dunia Motor Tawarkan Knalpot Remus Untuk Yamaha NMax di IIMS 2017

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu komponen sepeda motor yang memiliki fungsi penting, adalah knalpot. Seperti bagian lainnya dari roda dua, knalpot juga saat ini sudah dibuat dan dirancang dengan menggunakan teknologi terbaik.

Desain juga disesuaikan dengan jenis atau tipe sepeda motor seperti knalpot motor untuk tipe matik, sport, dan bebek. Bahan dari knalpot sendiri dibuat dari stainless steel, baja, lalu ada titanium yang lebih premium.

"Pengguna sepeda motor perlu memahami fungsi knalpot dan perawatannya sehingga dapat menjaga kondisinya selalu baik," ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Berikut, perawatan knalpot yang benar dari Yamaha Indonesia:

1.Melumasi lubang silencer dan leher knalpot dengan oli secukupnya untuk menghindari kebocoran pada area silencer yang diakibatkan oleh karat, yang bermanfaat menjaga agar suara knalpot tidak berisik.

2.Membersihkan leher knalpot. Oleskan oli pada leher knalpot lalu nyalakan motor hingga oli panas dan meresap.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cek kondisi

3.Mengecek kondisi knalpot secara rutin jika terjadi kebocoran atau tidak, juga pastikan baut pada knalpot tidak kendor.

4.Membersihkan knalpot yang terkena air hujan, untuk mencegah terjadi karat karena air hujan yang mengandung asam dapat membuat knalpot berbahan besi berkarat.


Infografis Hati-Hati, Ini 5 Gejala Batuk Akibat Covid-19

Infografis Hati-Hati, Ini 5 Gejala Batuk Akibat Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Hati-Hati, Ini 5 Gejala Batuk Akibat Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya